Sejarah Tari Angklung Bungko

0 81

Sejarah Tari Angklung Bungko

Dalam sejarahnya disebutkan bahwa kesenian ini tercipta sebagai wujud kegembiraan masyarakat Bungko ketika berhasil memenangkan peperangan melawan pasukan Pangeran Pekik (Ki Ageng Petakan).

Kemenangan tersebut dimotori oleh Ki Ageng Bungko atau Ki Gede Bungko. Ia adalah Senopati Sarwajala (Panglima Angkatan Laut) di Kesultanan Cirebon yang memiliki pengetahuan dan taktik tempur yang tinggi serta keberanian yang luar biasa.

Seperti telah umum diketahui bahwa perkembangan suatu kesenian tidaklah terlepas dari perubahan-perubahan yang terjadi pada kesenian tersebut. Hal ini juga berlaku pada musik ritmis yang tercipta ditengah-tengah masyarakat Bungko ini.

Perubahan-perubahan tersebut berkenaan dengan pergantian beberapa alat musik yang menyertainya. Perkusi kentongan telah digantikan dengan Angklung yang ditambahkan pula instrumen Reog atau Dogdog. Pertunjukkan Angklung Bungko pun berubah bentuk menjadi mirip dengan seni pertunjukkan reog di Priangan (Sunda).

Tetapi tidak lama kemudian, Angklung Bungko pun mengalami perubahan kembali dengan membuang instrumen dogdog dan di ganti dengan kendang dan gong, kemudian memasukkan unsur tari. Dengan masuknya unsur tari, maka sejak saat itulah Angklung Bungko menjadi seni pertunjukkan musik dan tari.

Source https://blogkulo.com/ https://blogkulo.com/tari-angklung-bungko-cirebon/
Comments
Loading...