Sandal Tarumpah, Sandal Tradisional Masyarakat Sunda

0 442

Sandal tarumpah adalah Sandal Tradisional Indonesia dan merupakan sebuah ciri kebudayaan negeri kita sendiri yang mencerminkan kesederhanaan, kesahajaan dan kejujuran masyarakat kita.khususnya masyarakat Sunda ( jawa barat )

Kalau menurut arti kata yang kami temukan arti tarumpah itu adalah alas kaki atau sandal, jadi kalau kita menyebutnya sandal tarumpah berarti sama sama saja.Sandal Tarumpah yang asli Tasikmalaya adalah sandal yang terbuat dari kulit asli dan alas atau bagian sol terbuat dari bahan karet mentah ( kref )

Sandal tarumpah memang berbeda beda orang menyebutnya kalau di daerah Jawa Barat sandal tarumpah, di daerah Betawi sandal si Pitung , di daerah Cirebon mereka menyebut si Jambal, entah kenapa tiap daerah berbeda beda mungkin karena kebiasaan atau melihat bentuknya yang berbeda tapi hampir mirip sama.

Tarumpah merupakan sandal tradisional khas Indonesia yang memiliki bentuk paling unik. Meskipun saat ini bahan bakunya sulit untuk didapat, banyak perajin masih memproduksinya demi menjaga tarumpah hilang dari peredaran. Perajin lebih memilih tidak mengganti bahan baku dikarenakan tidak ingin keaslian dari tarumpah berkurang.

Source http://www.tarumpah.com/2013/01/sejarah-sandal-tarumpah.html http://www.tarumpah.com
Comments
Loading...