Sejarah Permainan Sondah atau Engklek

0 98

Sejarah Permainan Sondah atau Engklek

Mungkin untuk sebagian orang istilah Sondah belum familiar di telinga. Namun untuk sebagian besar masyarakat Jawa Barat pastinya istilah permainan Sondah sudah tidaklah asing. Sondah atau engklek menurut Winaya dalam artikelnya yang berjudul “Pengertian Sikan-Mesik-atau Engklek” adalah suatu permainan tradisional lompat-lompatan pada bidang datar yang telah diberi garis pola kotak-kotak.

Sondah mungkin kini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak yang berada di daerah perkotaan. Hal tersebut terjadi karena tentunya sudah banyak permainan lain yang lebih menarik dan memanfaatkan teknologi. Beda dengan anak zaman dahulu, sepulang sekolah hal yang paling dinantikan ialah bermain dengan teman-teman sekampung di luar rumah.

Konon permainan ini bukan berasal dari Indonesia, namun tidak ada bukti otentik yang menyatakan mengenai sejarah dari sondah atau engklek ini, namun permainan ini popular untuk para anak perempuan di eropa pada zaman perang dunia (Pebryawan, 2015, hlm.64). Meskipun begitu Karena setelah kemerdekaan permainan ini menjadi popular di Indonesia, ada sebuah pendapat yang menyatakan bahwa permainan sondah ini adalah permainan yang dibawa oleh penjajah dari eropa yakni belanda yang pernah menjajah Indonesia kurang lebih 3,5 abad. 

Untuk bermainan permainan tradisional ini tidak perlu membeli peralatan yang mahal atau mencari benda pendukung yang sulit, cukup memiliki sebatang kapur yang bisa kita minta dari sekolah. Lalu setiap orang diwajibkan memiliki gundu, yaitu semacam benda yang ukurannya tidak terlalu besar yang berbahan batu, potongan dinding kapur, pecahan genteng atau karet 

Maka Sondah pun dikenal di beberapa daerah di Indonesia dengan nama yang beragam, alias serupa tapi tak sama serta mungkin juga tidak dikenal di beberapa daerah lain di Indonesia . Indentifikasi pun terus bermunculan, meskipun tidak ada bukti yang jelas mengenai sejarah dari sondah karena memang belum ada yang mengkaji secara mendalam, maka tidak salah jika menyatakan dan mengambil salah satu pendapat yang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari negara kincir angin, yang terus berkembang di setiap daerah di Indonesia pasca kemerdekaan berlangsung. Penyebutan yang berbeda disetiap daerah dikarenakan persebaran dan Bahasa dari daerah masing-masing yang menjadi permainan ini dikenal dengan nama yang berbeda.

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/risal77/sejarah-permainan-sondah-atau-engklek_58f2897e8423bd5554fff579
Comments
Loading...