Sejarah Lopis Raksasa di Kota Batik Pekalongan

0 152

Kota Pekalongan kaya dengan acara Budaya Tradisional. Tradisi ini tetap terpelihara secara turun temurun dalam kurun waktu yang panjang. Salah satutradisi ini adalah Lopis Raksasa di krapyak. Syawalan merupakan tradisi masyarakat Kota Pekalongan khususnya masyarakat Daerah Krapyak di bagian utara Kota Pekalongan, yang dilaksanakan pada setiap hari ketujuh sesudah Hari Raya Idul Fitri.

Menurut sejarahnya, orang yang pertama kali memeloporisyawalan adalah KH Abdullah Sirodj, ulama Krapyak yang masih keturunan Tumenggung Bahurekso (Senopati Mataram). Sejak 130an tahun yang lalu tepatnya tahun 1855 KH Abdullah Sirodj rutin melaksanakan puasa syawal, puasa ini kemudian diikuti masyarakat sekitar Krapyak dan Pekalongan pada umumnya. Sehingga meski hari raya, mereka tidak bersilaturahmi demi menghormati yang masih melanjutkan ibadah puasa syawal.

Baru pada hari ke-8 Syawal, suasana Lebaran benar-benar terasa. Yang menjadi khas dalam tradisi syawalan di Krapyak Pekalongan adalah disajikannya makanan berupa lopis.KH Abdullah Sirodj memilih lopis sebagai simbol Syawalan di Pekalongan karena terbuat dari beras ketan yang memiliki daya rekat yang kuat, kemudian di bungkus daun pisan dan di ikat dengan serat daun pisang, semua ini mempunyai makna persatuan. lopis raksasa di Krapyak dibuat dengan diameter 77 cm dan tinggi 177 cm dengan berat kurang lebih 1,3 ton. Lopis ini dibagi-bagikan kepada siapa pun yang hadir.Adapun, proses memasak lopis raksasabutuh waktu 4 – 5 hari, dengan meggunakan dandang berukuran besar. Untuk memindahkannya, harus memakai katrol.

Pada pagi hari ke 8 bulan syawal lopis yang sudah jadi di arak keliling desa dan kemudian berdoa bersama serta tahlil sekaligus memeringati khoul KH. Abdulloh siradj, Setelah selesai berdoa lopis di potong dan di bagikan keseluruh masyarakat yang hadir. Syawalan tersebut juga di barengi acara open house yaitu pengunjung bebas makan dan minum apa saja yang telah di sediakan oleh tuan rumah secara gratis.

Source http://syariah.uin-malang.ac.id http://syariah.uin-malang.ac.id/index.php/komunitas/blog-fakultas/entry/sejarah-lopis-raksasa-di-kota-batik-pekalongan
Comments
Loading...