Sejarah Kesenian Bebegig Sukamantri Ciamis

0 16

Sejarah Kesenian Bebegig Sukamantri

Dahulu kesenian Bebegig merupakan bagian dari ritual dalam upacara pengusiran roh-roh jahat. Karena ssekarang warga Ciamis sudah beragama yaitu Islam maka kesenian ini diubah dari upacara mistik pengusiran roh jahat, menjadi kesenian untuk menghibur masyarakat Ciamis  pada acara Agustusan (memperingati hari kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus), khitanan, dll.

Berawal pada kerajaan sunda hendak menikahkan putri diah pitaloka dengan raja hayam wuruk saat di lapangan bubat. namun disaat menunggu kedatangan rombongan kerajaan majapahit, rombongan kerajaan sunda di serang oleh prajurit bertopeng yang keluar dari hutan. sehingga terjadilah perang bubat

Topeng ini adalah tidak lain merupakan prajurit dari Bre Wengker yang merupakan paman dari Hayam wuruk, setelah sebagain dari pihak kerajaan sunda tewas. Hayam wuruk dinikahkan oleh putri dari bre wengker, sedangkan rombongan Kerajaan Sunda yang masih selamat di beri tahta kerajaan Majapahit, dan membuat sebuat topeng atas perang bubat untuk mengingat kejadian pahit.

Bebegig ini berasal tepatnya dari desa Sukamantri,Panjalu,Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pembuatan bebegig ini pun sangat menarik karena bahan bahan yang digunakan untuk membuat bebegig ini pun hanya dapat dipanen satu tahun sekali dan setelah bebegig itu sudah jadi masih ada ritual dimana topeng bebegig tersebut dimalamkan semalam di makam salah satu leluhur disana.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Bebegig-Sukamantri/
Comments
Loading...