Sejarah Kerajaan Tarumanegara

0 93

Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara atau Taruma merupakan salah satu kerajaan Hindu tertua di Pulau Jawa. Tarumanegara pernah berkuasa di Pulau Jawa bagian barat pada abad ke-4 sampai ke-7 M. Lokasi Kerajaan Taruma berada di sekitar lembah Sungai Citarum, Bogor, Jawa Barat. Kerajaan yang beraliran wisnu ini didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358. Tahun 382 sampai 395, Kerajaan Taruma digantikan oleh putranya yang bernama Dharmayawarman. Ayah Dharmayawarman dimakamkan didekat tepi kali gomati (wilayah Bekasi) , sedangkan ia di tepi kali Candrabaga. Raja ketiga kerajaan ini adalah Maharaja Purnawarman. Beliau memeluk agama Hindu dan menyembah Dewa Wisnu.Beliau membangun ibukota kerajaan baru yang letaknya lebih dekat dengan pantai. Kota tersebut pun diberi nama Sundapura.

Peristiwa pengembalian pemerintahan kepada raja Sunda tercatat dalam Prasasti Pasir Muara. Saat itu, yang menjadi penguasa adalah raja ke-7 yang bernama Suryawarman (535 – 561 M). Adanya prasasti di pasir muara menceritakan bahwa dahulunya ibukota Sundapura telah berubah menjadi kerajaan daerah. Selain melanjutkan kebijakan ayahnya yang memberikan kepercayaan lebih kepada raja daerah untuk mengurus pemerintahan sendiri, beliau mengalihkan perhatiannya ke bagian timur.

Bukti keberaraan Kerajaan Tarumanegara dapat diketahui dengan sumber-sumber yang berasal dari luar dan dalam negeri. Salah satu sumber sejarah Kerajaan Taruma adalah prasasti. Selain itu ada juga berita atau kronik Cina dan arca yang juga menjadi sumber sejarah. Sumber sejarah dari luar negeri yaitu dari berita Tiongkok diantaranya :

Berita Dinasti Tang, berita ini menceritakan pada tahun 666 dan 669 telah datang utusan dari To-lo-mo.

Berita Fa-Hsien, berita ini menceritakan dalam buku Fa-Kao-Chi bahwa hanya sedikit orang beragama Budha di Ye-po-ti, namun kebanyakan orang beragama Hindu, dan sebagian lainnya animisme. Berita Dinasti Sui, berita ini menceritakan pada tahun 528 dan 535 telah datang utusan dari To-mo-lo sebelah selatan.

Sesuai berita tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa istilah To-lo-mo merupakan penyesuaian katanya sama dengan Tarumanegara. Kerejaan iini diperkirakan telah berkembang antara tahun 400-600 M. Berdasarkan yang tercatat pada prasasti diketahui bahwa raja yang saat itu berkuasa adalah Purnawarman dengan wilayah kekuasaan hampir seluruh Jawa Barat yang membentang dari Banten sampai Cirebon.

Sember sejarah yang berasal dari dalam negeri yaitu berupa 7 buah prasasti yang ditemukan di Bogor (4 buah), di Jakarta (1 buah), dan di Lebak Banten (1 buah). Berdasarkan informasi yang tercatat dalam prasasti, raja yang berkuasa saat itu adalah Rajadirajaguru Jayasingawarman dari tahun 358 sampai 382 M.

Arca peninggalan Kerajaan Taruma diantaranya arca Rajasi yang disebutkan dalam Prasasti Tugu dan diperkirakan berasal dari Jakarta serta dua buah patung Wisnu yang diperkirakan berasal dari abad ke-7.

Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

  • Prasasti Ciaruten

Prasasti Ciaruten atau Ciampea menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa yang terdiri dari 4 baris disusun ke dalam bentuk Sloka. Pada prasasti ini juga terdapat sepasang telapak kaki Raja Purnawarman dan lukisan seperti laba-laba.

  • Prasasti Muara Cianten

Prasasti yang ditemukan di kota hujan, Bogor ini terdapat lukisan telapak kaki dan ditulis dalam aksara ikal.

  • Prasasti Kebon Kopi

Prasasti yang terdapat lukisan tapak kaki gajah ditemukan di kampung Muara Hilir, Bogor.

  • Prasasti Pasir Awi

Prasasti Pasir Awi berada di puncak perbukitan Pasir Awi (600 mdpl) Sukamakmur Bogor.

  • Prasasti Tugu

Prasasti yang dipahat pada sebuah batu bulat panjang melingkar ditemukan di daerah Tugu, Cilincing Jakarta Utara.

  • Prasasti Cidanghiyang

Prasasi Cidanghiyang atau Prasasti Lebak yang berisi pengagungan keberanian Raja Purnawarman baru ditemukan pada tahun 1947. Prasasti ini ditemukan di kampung lebak Cidanghiang.

  • Prasasti Jambu

Prasasti Jambu atau Prasasti Koleangkak yang terdapat gambar telapak kaki ditemukan di bukit Koleangkak. Prasasti ini berisi pujian pemerintahan Raja Purnawarman.

Source Sejarah Kerajaan Tarumanegara Sejarah Lengkap Kerajaan Tarumanagara: Kehidupan Politik, Ekonomi,Sosial Budaya & Pendirian hingga Keruntuhannya
Comments
Loading...