Sejarah Jawa : Tempat Pemukiman Manusia Purba

0 158

Bangunan cagar budaya merupakan aset bangsa yang sangat penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Sehingga bangunan cagar budaya perlu dilindungi dan dilestarikan demi memupuk kesadaran akan jati diri bangsa. Salah satu bangunan cagar budaya yang dimiliki Indonesia adalah Situs Museum Taman Purbakala Cipari. Situs purbakala yang terletak di Kabupaten Kuningan ini merupakan situs peninggalan zaman megalitik.

Berada pada ketinggian 661 mdpl dengan luas 7.000 meter persegi, Situs Cipari pada awalnya merupakan tanah milik seorang warga bernama Wijaya. Pada tahun 1971, di tanah miliknya yang terletak di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, ini secara tidak sengaja ditemukan sejenis batuan yang menyerupai batu yang dipamerkan di Paseban Tri Panca Tunggal, sebuah tempat cagar budaya di Kuningan. Penemuan ini langsung dilaporkan ke Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional di Jakarta.

Kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan penggalian dan penelitian. Dipimpin oleh Pangeran Djatikusumah, penggalian dilakukan dan berhasil menemukan peti kubur batu, kapak, batu, gelang, dan gerabah kuno. Baru pada tahun 1972 dilakukan penggalian percobaan dengan tujuan penyelamatan benda-benda serta tata letak situs Cipari. Kemudian dilanjutkan pada tahun 1972. Dimana penggalian total dikerjakan serta menyusun situs sesuai dengan tempatnya.

Source indonesiakaya.com indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menyambangi-pemukiman-manusia-purba-di-taman-purbakala-cipari
Comments
Loading...