Sejarah Jawa : Taman Balekambang, Tanda Cinta Ayah

0 66

Taman ini menjadi simbol besarnya kecintaan seorang ayah kepada putrinya. Taman Balekambang yang didirikan pada 26 Oktober 1921 merupakan persembahan Kanjeng Gusti Pangeran Aryo Adipati Mangkunegoro VII kepada kedua putrinya, Gusti Raden Ayu Partini Husein Djayadiningrat dan Gusti Raden Ayu Partinah Sukanta. Ketika awal didirikan, taman yang asri ini belumlah dinamakan Taman Balekambang. Ada dua nama yang disematkan pada taman ini, karena taman ini memang terdiri dari dua bagian.

Yang pertama adalah Partini Tuin (Taman Air Partini), sementara yang kedua adalah Partinah Bosch (Hutan Partinah). Di Partini Tuin, terdapat sebuah kolam besar dan sebuah kolam renang dengan dua buah balai. Balai pertama bernama Bale Apung. Di masa awal didirikan, balai ini digunakan sebagai tempat bersantai, berkumpulnya anggota keluarga kerajaan. Balai ini pula yang menjadi alasan penamaan

Balekambang

Karena terletak di dekat sebuah kolam besar, jika dilihat dari kejauhan, balai ini akan terlihat seperti mengambang. Di kolam besar ini, juga terdapat jasa penyewaan perahu yang dapat digunakan pengunjung untuk berkeliling kolam. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu, kolam ini digunakan sebagai arena lomba pemancingan.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/taman-balekambang-tanda-cinta-seorang-ayah
Comments
Loading...