Sejarah Jawa : Sumber Nyonya, Eksotika Air Terjun

0 87

Dikisahkan oleh masyarakat setempat, dahulu banyak perempuan di Desa Gunung Sari yang tidak bisa mempunyai keturunan karena mandul. Keheranan tersebut makin meluas mengingat perempuan yang tidak bisa mempunyai keturunan makin banyak. Setelah diselidiki, penyebab hal tersebut bukanlah karena ilmu gaib dan guna-guna, melainkan banyak masyarakat Desa Gunung Sari yang mengkonsumsi air dari sebuah curug yang mengandung perak, curug tersebut kini dikenal dengan nama Curug Sumber Nyonya.

Secara administrasi Curug Sumber Nyonya masuk dalam kawasan Desa Tutur, Pasuruan, Jawa Timur. Lokasi tersebut berjarak sekitar 90 km dari pusat Kota Surabaya, atau dapat ditempuh selama sekitar 1,5 jam perjalanan darat. Lokasinya yang berada di tengah hutan dan tertutup pemukiman warga menjadikan Curug Sumber Nyonya belum banyak dijamah oleh wisatawan. Mengingat lokasinya yang berada di tengah hutan, untuk sampai ke curug dibutuhkan jasa seorang pemandu jalan.

Selain agar tidak tersesat, jasa pemandu jalan dibutuhkan untuk bertanya segala hal tentang visualisasi yang terlihat oleh mata. Setelah berjalan menurun selama sekitar 20 menit, suara gemericik air makin terasa dekat dan track yang dilalui berubah menjadi sungai, di hulu sungai tersebutlah berdiri kokoh Curug Sumber Nyonya.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/sumber-nyonya-eksotika-air-terjun-indonesia
Comments
Loading...