Sejarah Jawa : Situs yang Disakralkan Mandalasari

0 81

Di Dataran Tinggi Dieng, ada beberapa tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat sekitar. Salah satunya adalah ini, Pertapaan Mandalasari. Terletak di antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon, di kawasan pertapaan ini terdapat lima tempat yang biasa dijadikan tujuan ziarah. Tempat yang pertama adalah Batu Tulis. Dari samping, batu besar ini akan terlihat menyerupai perwujudan Semar – salah satu tokoh Punakawan dalam cerita wayang. Menurut sejarah yang beredar di masyarakat sekitar, Batu Tulis ini merupakan tempat Eyang Purba Wasesa (leluhur masyarakat Dieng) mendapatkan pencerahan.

Batu Tulis sering menjadi tempat ziarah orangtua atau pelajar yang mengalami kesulitan dalam studi. Tempat berikutnya adalah Gua Semar. Gua ini merupakan gua yang paling sering dikunjungi para peziarah. Banyak orang yang datang untuk bersemedi di gua ini.

Gua ini dinamakan gua semar karena orang yang bermeditasi di sini akan mendapatkan wahyu kasampurnaning jati (ilmu yang dapat membedakan yang baik dan yang buruk). Menurut legenda, wahyu ini diturunkan di Mandalasari (tempat tertinggi di khayangan). Yang pertama mendapatkan wahyu ini adalah Dewa Ismaya yang kemudian mengubah wujud menjadi sosok Semar.

Source indonesiakaya.com indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/lima-situs-yang-disakralkan-di-pertapaan-mandalasari
Comments
Loading...