Sejarah Jawa : Situs Megalitikum Gunung Padang

0 157

Dinamakan Gunung Padang yang menurut masyarakat setempat maknanya ialah

Gunung Terang

karena di tempat  ini sering ada suara -suara musikal dan terang benderang pada malam-malam tertentu. Gunung Padang sendiri bukanlah gunung aktif, tetapi lebih tepat dikatakan sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 885 mdpl. Berlokasi di Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, situs megalitik yang luar biasa ini dapat ditempuh 1,5 jam atau 45 km dari kota Cianjur. Dari Jakarta dapat ditempuh dengan jarak 165 km dan dari Bandung sektar 110 km.

Perjalanan menuju ke Situs Gunung Padang melalui jalur naik-turun, kadang aspalnya mulus dan kadang jalanan berlubang dan berbatu. Situs Gunung Padang konon merupakan situs megalitik paling besar di Asia Tenggara dan merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Bentuk bangunan punden berundaknya mencerminkan tradisi megalitik (mega berarti besar dan lithos artinya batu) dengan warna bebatuan yang sebagian besar berwarna abu-abu gelap berjenis andesit basaltis.

Mengunjungi situs megalitikum Gunung Padang seakan membawa kita kembali ke masa lampau dengan kembali mengingat kisah jaman pra-sejarah dan secara tidak langsung membuat kita semakin menghargai sejarah Bangsa Indonesia.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/situs-megalitikum-gunung-padang-sebuah-peradaban-kuno-yang-menakjubkan
Comments
Loading...