Sejarah Jawa : Setu Babakan, Benteng Budaya Betawi

0 90

Sejarah budaya betawi Setu Babakan berlokasi di bagian selatan Jakarta dan masih termasuk wilayah Provinsi DKI Jakarta. Terletak di Kelurahan Srengseng Sawah (6.747) Hektar, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Indonesia. Kawasan ini masih berfungsi sebagai pusat Perkampungan Budaya Betawi, suatu area yang di peruntukan untuk menjaga warisan budaya Jakarta, yaitu budaya asli Betawi. Total wilayah PBB sekitar 289 hektar,70 hektar adalah milik Pemprov DKI Jakarta, Setu Babakan juga merupakan danau buatan dengan luas area perairan 32 hektar. Air yang mengaliri setu ini berasal dari sungai Ciliwung.

Sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) dan Rencana Bagian Wilayah Kota (RBWK) Tahun 1985-2005, wilayah kecamatan Jagakarsa ditetapkan sebagai wilayah penyangga dan resapan air. Koefisien Dasar Bangunan (KDB) yang diizinkan tergolong rendah untuk cakupan wilayah Provinsi DKI Jakarta yaitu 20% dari luasan per tapak. Beriklim sejuk antara 25°C s/d 27°C dengan curah hujan rata-rata 2000 m³ dan terletak pada ketinggian 52 m di atas permukaan laut.

Dasar hukum terkait dengan kawasan ini antara lain SK Gubernur No. 92 tahun 2000, Tentang Penataan Lingkungan Perkampungan Budaya Betawi di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa Kotamadya Jakarta Selatan, kawasan perkampungan Setu Babakan ditetapkan sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi. Ditunjang juga dengan perda tentang cagar budaya berupa Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata.

Source Bina psychology.binus.ac.id/2017/07/06/observasi-setu-babakan-benteng-budaya-betawi-terakhir-di-jakarta-bagian-1-persiapan-dan-pelaksanaan
Comments
Loading...