Sejarah Jawa : Sejarah Penamaan Kampung Mantrijeron

0 187

Kecamatan Mantrijeron

Nama Mantrijero berasal kata “mantri” dan “jero”. Kata “mantri” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ‘juru bicara, menteri, jabatan di atas bupati dan memiliki wewenang dalam salah satu struktur pemerintahan’. Sedangkan “jero” berarti ‘dalam’. Secara harfiah kata Mantrijero berarti ‘juru bicara atau menteri di dalam’ Secara filosofis Mantrijero bermakna pasukan yang mempunyai wewenang ikut ambil bagian dalam memutuskan segala sesuatu hal dalam lingkungan Kraton (pemutus perkara).

Panji-panji/bendera/klebet/dwaja prajurit Mantrijero adalah Purnamasidhi, berbentuk empat persegi panjang dengan warna dasar hitam, di tengahnya adalah lingkaran dengan warna putih. Purnamasidhi berasal dari kata Sansekerta, yaitu “purnama” berarti ‘bulan penuh’ dan kata “siddhi” yang berarti ‘sempurna’. Secara filosofis Purnamasidhi bermakna pasukan yang diharapkan selalu memberikan cahaya dalam kegelapan. Saat ini nama prajurit Mantrijero menjadi wilayah kecamatan Mantrijeron di bawah wilayah administrasi Pemerintahan Kota Yogya.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.tOhuGFRsraYYaP2V-2_7gJh6tToxa6NlZ2v6CnNbatKuWKOsTkJvk_tGfwc6MMjS-EYEWQL68Q_jdqh3z1j66A
Comments
Loading...