Sejarah Jawa : Sejarah Penamaan Kampung Jogokaryan

0 150

Kampung Jogokaryan

Prajurit Jagakarya berasal kata jaga dan karya. Kata ‘jaga’ berasal bahasa Sansekerta berarti ‘menjaga’, sedangkan ‘karya’ dari bahasa Kawi berarti ‘tugas, pekerjaan’. Secara filosofis Jagakarya bermakna ‘pasukan yang mengemban tugas selalu menjaga dan mengamankan jalannya pelaksanaan pemerintahan dalam kerajaan’. Panji-panji, bendera, klebet, dwaja prajurit Jagakarya adalah Papasan, berbentuk empat persegi panjang dengan warna dasar merah, di tengahnya adalah lingkaran dengan warna hijau.

Papasan berasal dari kata nama tumbuhan atau burung papasan. Pendapat lain Papasan berasal dari kata dasar ‘papas’ menjadi ‘amapas” yang berarti ‘menghancurkan’. Secara filosofis papasan bermakna pasukan pemberani yang dapat menghancurkan musuh dengan semangat yang teguh. Kampung Jogokaryan adalah salah satu kampung yang berada di wilayah administrasi Kelurahan Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron. Kampung Jogokaryan memiliki acara tahunan yang menjadi salah satu agenda wisata religius di DIY, yaitu Kampoeng Ramadhan Jogokaryan.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.tOhuGFRsraYYaP2V-2_7gJh6tToxa6NlZ2v6CnNbatKuWKOsTkJvk_tGfwc6MMjS-EYEWQL68Q_jdqh3z1j66A
Comments
Loading...