Sejarah Jawa : Penamaan Kampung Ketanggungan

0 162

Kampung Ketanggungan

Nama Ketanggung berasal kata dasar “tanggung” mendapatkan awalan ke-. Kata “tanggung” berarti ‘beban, berat’. Sedangkan ke- di sini sebagai penyangatan ‘sangat’. Secara filosofis Ketanggung bermakna pasukan dengan tanggung jawab yang sangat berat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya Puliyer (Wirawicitra / Wirawredhatama / Operwachmester). Panji-panji/bendera/klebet/dwaja prajurit Ketanggung adalah Cakra-swandana, berbentuk empat persegi panjang dengan warna dasar hitam, di tengahnya adalah gambar bintang bersegi enam dengan warna putih.

Cakra-swandana berasal dari bahasa Sansekerta “cakra” (senjata berbentuk roda bergerigi) dan kata Kawi “swandana” yang berarti ‘kendaraan/kereta’. Secara filosofis Ketanggung bermakna pasukan yang membawa senjata cakra yang dahsyat yang akan membuat porak poranda musuh. Kampung Ketanggungan berada di wilayah administrasi Kelurahan Wirobrajan, Kecamatan Wirobrajan. Kampung ini memiliki ciri khas yang unik dan menjadi salah satu trade mark dari wilayah ini. Nama jalan yang masuk di wilayah kampung ini menggunakan nama tokoh pewayangan seperti, Jl Pandu, Sadewa dan masih banyak lagi.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.tOhuGFRsraYYaP2V-2_7gJh6tToxa6NlZ2v6CnNbatKuWKOsTkJvk_tGfwc6MMjS-EYEWQL68Q_jdqh3z1j66A
Comments
Loading...