Sejarah Jawa : Napak Tilas Laksamana Zheng He

0 64

Ke arah barat daya dari Tugu Muda, tepatnya di Jalan Simongan di seberang Universitas Negeri Semarang, kita akan menjumpai sebuah klenteng megah bernama Sam Poo Kong. Klenteng Sam Poo Kong merupakan sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan seorang laksamana Tiongkok bernama Zheng He atau warga Jawa lebih mengenalnya dengan nama Laksamana Cheng Ho. Menurut buku yang berjudul

Riwayat Singkat Sam Poo Tay Djien

yang diterbitkan dalam rangka memperingati berdirinya Yayasan Klenteng Sam Poo Kong. Dahulu Simongan letaknya di tepi laut dan merupakan nama pelabuhan. Namun karena laut utara Jawa sering terjadi pendangkalan yang diakibatkan adanya sedimentasi sehingga lama-kelamaan daratan semakin meluas, maka pelabuhan tersebut sekarang menjadi nama jalan. Tempat inilah yang diyakini sebagai tempat persinggahan Laksamana Zheng He ketika ada awak kapalnya yang sakit.

Ketika mendarat di tempat tersebut, Zheng He menemukan sebuah goa batu yang kemudian digunakan sebagai tempat beribadah dan merawat awak kapalnya yang sedang sakit. Oleh karena itu Klenteng Sam Poo Kong juga dikenal dengan nama Gedong Batu atau Kedong Batu. Klenteng Sam Poo Kong terdiri dari berbagai bangunan, yaitu klenteng besar Sam Poo Kong, klenteng Tho Tee Kong, dan empat tempat pemujaan kepada Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi, dan Mbah Kyai Tumpeng.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/napak-tilas-laksamana-zheng-he-di-tanah-jawa
Comments
Loading...