Sejarah Jawa : Museum Batik Danar Hadi, Rekam

0 57

Batik merupakan salah satu kebudayaan adilihung yang diturunkan dari generasi ke generasi. Karena telah dikenal sejak berabad-abad lalu dan berkembang di banyak tempat, perkembangan batik begitu pesat. Ada begitu banyak kreasi mengenai kebudayaan yang satu ini. Dibutuhkan waktu yang panjang untuk dapat menelusuri sejarah batik. Tapi di Solo, ada satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika ingin mengetahui keragaman serta sejarah panjang batik.

Tempat tersebut adalah Museum Batik Danar Hadi. Walau berada di bawah pengelolaan salah satu produsen batik, tapi museum ini terbuka untuk siapa pun yang ingin menambah pengetahuan mengenai batik. Museum Batik Danar Hadi diresmikan pada 20 Oktober 2000 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia saat itu, Megawati Soekarnoputri. Terletak di Jalan Slamet Riyadi no. 261, koleksi yang dipajang di museum ini merupakan koleksi pribadi Santosa Doellah.

Koleksi-koleksi tersebut ditampilkan dalam 11 ruang dan dibagi ke dalam sembilan jenis batik. Sembilan jenis batik tersebut adalah Batik Belanda, Batik Cina, Batik Djawa Hokokai, Batik Pengaruh India, Batik Kraton, Batik Pengaruh Kraton, Batik Saudagaran dan Batik Petani, Batik Indonesia, serta Batik Danar Hadi.

Source indonesiakaya.com indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/museum-batik-danar-hadi-rekaman-perkembangan-batik
Comments
Loading...