Sejarah Jawa : Menyelami Kejayaan KRI Pasopati

0 53

Menjaga wilayah teritorial dan bawah laut Indonesia bukanlah perkara mudah, hal tersebut membutuhkan peralatan yang super canggih. Seperti halnya KRI Pasopati, kapal selam buatan Rusia yang pernah mengabdi menjaga teritorial NKRI pada periode tahun 1962 hingga 1989. Kapal selam ini mampu menghancurkan garis lintas musuh (anti shipping), mengadakan pengintaian, dan melakukan silent raids. Untuk mengenang katangguhan KRI Pasopati dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas, setelah dinonaktifkan pada 1990, kapal selam ini dimuseumkan pada tahun 1996.

Proses pemindahan dilakukan dengan memotong badan kapal menjadi 16 bagian, untuk kemudian dibawa satu persatu menggunakan truk kontainer. Proses pemindahan dan pembangunan Monumen Kapal Selam menghabiskan waktu selama 2 tahun pengerjaan. Hingga pada 1998, Monumen Kapal Selam yang merupakan bentuk asli dari KRI Pasopati diresmikan berdiri dan dibuka untuk umum di Jalan Pemuda 29, Surabaya. KRI Pasopati secara struktur mempunyai panjang sekitar 76 meter dan lebar 6,3 meter. Kapal selam ini terdiri dari 7 ruangan.

Ruangan pertama adalah ruangan persenjataan, di ruangan ini tersimpan persenjataan kapal selam berupa terpedo, yang masing-masing memiliki panjang sekitar 7 meter dengan berat mencapai 9 ton. Selain itu, di ruangan ini juga terdapat 4 tabung peluncur terpedo, tempat istirahat ABK, dan pintu kapal selam yang berada di atasnya.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menyelami-kejayaan-kri-pasopati-di-monumen-kapal-selam
Comments
Loading...