Sejarah Jawa : Mengenal Lebih Jauh Budaya Maritim

0 111

Sailendra adalah satu keluarga yang pernah berkuasa di bagian tengah Tanah Jawa di Kerajaan Matarm pada sekitar abad ke-8-9 Masehi. Diduga keluarga ini berasal dari Tanah Andalas yang datang ke Tanah Jawa pada sekitar pertengahan abad ke-8 sebagaimana disebutkan dalam Prasasti Sojomerto. Prasasti Sojomerto adalah sebuah prasasti berbahasa Melayu Kuno yang ditemukan di daerah selatan Pekalongan. Prasasti ini menyebutkan Dapunta Selendra beserta istri dan keluarganya.

Diduga kuat bahwa Dapunta Selendra adalah pendiri dinasti yang datang dari Sumatera. Setelah mereka berkuasa di Kerajaan Matarm, prasasti-prasasti yang dikeluarkannya berbahasa Jawa Kuno. Raja-raja dari dinasti Sailendra yang berkuasa di Kerajaan Matarm banyak membangun bangunan suci di daerah Jawa Tengah. Bangunan-bangunan tersebut antara lain Kalasan, Borobudur, Mendut, Pawon, Sewu, Plaosan dan Prambanan. Sewu, Plaosan, dan Borobudur merupakan sebuah kompleks bangunan suci ajaran Buddha, sedangkan Prambanan adalah kompleks bangunan suci ajaran Hindu.

Dilihat dari ukuran dan jumlahnya, bangunan suci ajaran Buddha lebih banyak jika dibandingkan dengan bangunan suci ajaran Hindu. Keadaan ini mengindikasikan bahwa keluarga Sailendra menganut ajaran Buddha, atau dengan kata lain ajaran Buddha merupakan ajaran yang dianut oleh sebagian besar rakyat Matarm. Raja-raja dari keluarga ailendra tidak hanya berpengaruh di Tanah Jawa saja. Mereka diketahui juga berpengaruh di Tanah Andalas, di Thailand selatan.

Source kolom.tempo.co kolom.tempo.co/read/1035968/mengenal-lebih-jauh-budaya-maritim-indonesia
Comments
Loading...