Sejarah Jawa : Menapak Sejarah Penamaan Kampung

0 159

Sebagai salah satu kota tua di Indonesia yang masih tetap hidup dengan dinamika yang berkembang, baik kehidupan masyarakat dan budayanya Yogyakarta masih menyimpan beberapa peninggalan sejarah yang melingkupi kehidupan masyarakat sehari-hari yaitu penamaan sebuah daerah berdasarkan sejarah tempat tersebut atau disebut dengan toponim. Salah satu ciri yang dimiliki oleh kota-kota kuno itu dapat dilacak keberadaannya melalui penamaan sebuah daerah atau kampung berdasarkan profesi para penduduk dari kampung tersebut.

Dan penamaan dari daerah tersebut memiliki keseragaman yaitu selalu di akhiri kata -an, misal Patangpuluhan, Bugisan dan Daengan. Ketiga nama tersebut adalah wilayah atau tempat yang jaman dulunya dihuni oleh para prajurit Kraton dari kesatuan atau Bregada Patangpuluh, Bugis dan Daeng. Melalui artikel kali ini, tim redaksi kotajogja.com akan mengajak para pembaca untuk menyelami sejarah penamaan kampung-kampung atau wilayah yang berada di Kota Jogja berdasarkan profesinya sebagai bregada atau prajurit Kraton Yogyakarta.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.tOhuGFRsraYYaP2V-2_7gJh6tToxa6NlZ2v6CnNbatKuWKOsTkJvk_tGfwc6MMjS-EYEWQL68Q_jdqh3z1j66A
Comments
Loading...