Sejarah Jawa : Masjid Cheng Hoo, Bangunan Masjid

0 92

Dimana ada laut di situ ada Cheng Hoo, begitu kata Hasan Basri yang terlahir dengan nama Lin Puk San saat menggambarkan sosok pelaut tangguh dari negeri Tiongkok yang dikenal dengan nama Laksamana Cheng Hoo. Bahkan, persinggungan Cheng Hoo dengan Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia tidaklah sedikit, tercacat dalam sejarah, dirinya pernah singgah di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Semarang, Palembang, dan beberapa daerah di Jawa Timur.

Sebagai bentuk penghormatan pada Cheng Hoo yang singgah di tempat-tempat tersebut, maka di setiap tempat yang ia singgahi dibangun petilasan berupa masjid, termasuk salah satunya di Surabaya, Jawa Timur. Lokasi masjid berada di belakang Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, tepatnya di Jalan Gading No 2. Meski tidak bersinggungan langsung dengan jejak Cheng Hoo, masjid tersebut dibangun berlandaskan semangat dan nilai-nilai luhur yang dibawa Laksamana Cheng Hoo dalam berlayar.

Pembangunan Masjid Cheng Hoo tidak lepas dari dukungan PITI, sebagai organisasi yang mewadahi Islam Tionghoa di Indonesia, selain juga tentunya warga sekitar yang telah menerima berdirinya masjid tersebut meski berbeda keyakinan. Lin Puk San, Ketua Harian Masjid Cheng Hoo Surabaya mengungkapkan, tujuan berdirinya masjid ini selain sebagai tempat pendidikan, juga sebagai media memperkenalkan Cheng Hoo pada khalayak luas.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/masjid-cheng-hoo-bangunan-masjid-dengan-nuansa-tionghoa
Comments
Loading...