Sejarah Jawa : Madakaripura, Curug Semedi Patih

0 61

Setiap pengunjung kini harus melewati pinggir batuan cagas yang terjal, tepat di bagian bawahnya terdapat kolam alami tempat air curug tercurah. Setelah melewati gundukan batuan cadas tersebut, barulah pengunjung akan melihat keindahan curug utama Madakaripura yang luar biasa indah. Lengkungan tebing yang sempurna dengan ketinggiannya mencapai 170 meter, menjadikan Madakaripura sebagai curug tertinggi sekaligus terindah di Pulau Jawa.

Curug Madakaripura merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota menjadikan curug ini sebagai destinasi utama pariwisata di Probolinggo. Meski dibuka setiap hari, namun menurut pengakuan Sadi, salah seorang guide, setiap bulan Desember Curug Madakaripura akan ditutup. Mengingat pada bulan tersebut, Indonesia akan memasuki musim penghujan. Dengan curah hujan yang tinggi, volume air akan lebih banyak dan membahayakan pengunjung.

Sadi juga menambahkan, konon mendengar cerita para orang-orang tua zaman dahulu, Curug Madakaripura merupakan tempat mandi dan bersemedi Patih Gajah Mada, selain juga menjadi tempat menyepi dan memperdalam ilmu hingga akhir hidupnya. Oleh karena itulah, curug tersebut diberi nama Madakaripura, yang memiliki arti tempat terakhir Sang Patih Gajah Mada. Tidak hanya itu, kepercayaan masyarakat desa akan keramat dan suci-nya Madakaripura dibuktikan dengan masih adanya sesajian yang ditemukan di sekitar curug. 

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/madakaripura-curug-semedi-patih-gajah-mada
Comments
Loading...