Sejarah Jawa : Kraton Surakarta, Pusat Pemerintah

0 71

Bisa dibilang, inilah pusat perkembangan kesenian dan kebudayaan di Solo. Bahkan, pada masa lalu, area ini juga merupakan pusat pemerintahan yang ada di Solo. Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan tempat yang harus Anda kunjungi jika datang ke Solo. Di sini, Anda tidak hanya akan melihat bangunan peninggalan kejayaan di masa lalu, tapi juga belajar kearifan yang ditinggalkan generasi terdahulu. Keraton Surakarta Hadiningrat mulai dibangun pada tahun 1743 dan diresmikan pada 17 Februari 1745 atau 17 Suro 1670.

Keraton ini merupakan pindahan dari keraton sebelumnya yang berada di Kartasura. Keraton di Kartasura hancur setelah terjadinya pemberontakan. Saat mencari lokasi pembangunan keraton yang baru, ada tiga daerah yang diajukan. Ketiga desa tersebut adalah Desa Kadipala, Desa Sana Sewu, dan Desa Sala. Pilihan lalu jatuh pada Desa Sala karena meski dipenuhi rawa, desa ini dianggap paling cocok dijadikan sebagai tempat dibangunnya keraton yang baru. Dari Gapura Gladag, melewati alun-alun utara, pengunjung akan sampai di Kori Brodjonolo.

Brodjonolo

berasal dari dua kata, yaitu “brodjo” yang berarti senjata tajam dan “nolo” yang berarti hati. Orang-orang yang melewati kori ini diharapkan memiliki rasa dan menggunakan perasaannya sebagai dasar berperilaku.

Source indonesiakaya.com indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/keraton-surakarta-pusat-pemerintahan-di-masa-lalu
Comments
Loading...