Sejarah Jawa : Gedung Bersejarah Tempat Koleksi

0 87

Di seputaran Taman Fatahillah, Jakarta, terdapat berbagai bangunan peninggalan Belanda. Selain unik karena bergaya art deco, berbagai bangunan tersebut juga kaya akan cerita sejarah yang melingkupinya. Salah satu bangunan peninggalan Belanda itu adalah Gedung Raad van Justitie. Gedung yang beralamat di Jalan Pos Kota No. 2, Jakarta Barat, ini dahulu digunakan oleh pemerintahan Belanda sebagai kantor Lembaga Peradilan Tertinggi Belanda.

Ketika Jepang menguasai Indonesia, gedung ini pernah digunakan sebagai tempat tinggal tentara Jepang. Fungsi gedung ini lalu berganti di tahun 1967. Saat itu, pemerintah DKI Jakarta memanfaatkannya sebagai kantor Walikota Jakarta Barat. Sepuluh tahun kemudian, tepatnya tanggal 20 Agustus, Presiden Soeharto mengalihkan fungsi kantor Walikota Jakarta Barat tersebut menjadi Gedung Balai Seni Rupa. Pada tahun 1977, Gubernur Jakarta Ali Sadikin meresmikan tempat yang sama menjadi Museum Keramik.

Terakhir, gedung ini difungsikan sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum Seni Rupa dan Keramik menyimpan berbagai koleksi berupa lukisan, sketsa, grafis, patung, hingga keramik. Yang menarik, museum ini juga menyimpan karya avant garde dari beberapa maestro lukis Indonesia, seperti Raden Saleh dan Affandi.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/gedung-bersejarah-tempat-koleksi-benda-benda-indah
Comments
Loading...