Sejarah Jawa : Candi Plaosan, yang Menakjubkan

0 123

Jika kita sedang berada di Candi Sewu, kira-kira satu kilometer ke arah timur terdapat candi lain bernama Candi Plaosan. Candi ini dibangun oleh Raja keenam Kerajaan Mataram Kuno, Rakai Pikatan, untuk salah seorang permaisurinya bernama Pramudyawardani. Warga sekitar biasa menyebut Candi yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini dengan sebutan candi kembar. Sebutan Candi Kembar bukan tanpa alasan.

Jika dilihat dari kejauhan, di dalam Kompleks Candi Ploasan terdapat dua candi yang hampir sama. Namun, apabila dilihat dari dekat, terdapat perbedaan yang sangat signifikan dari kedua candi tersebut. Untuk membedakannya kedua candi tersebut maka masing-masing diberi nama Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Candi Plaosan Lor memiliki tinggi sekitar 21 meter dengan pintu masuk di sebelah barat. Pada bagian tengah candi, terdapat halaman yang dilengkapi pendopo dengan tiga buah altar pada sisi-sisinya.

Sementara, bangunan Candi Plaosan Kidul tidak jauh berbeda dengan candi Plaosan Lor. Memiliki tinggi yang sama, disini juga terdapat halaman pada bagian tengahnya. Namun yang membedakan, Candi Plaosan Kidul dikelilingi oleh 8 candi kecil yang terbagi menjadi 2 tingkat. Setiap tingkat terdiri dari 4 candi kecil. Selain itu, banyak ukiran tumbuh-tumbuhan pada pintu masuk Candi Plaosan Kidul.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/candi-plaosan-candi-kembar-yang-menakjubkan
Comments
Loading...