Sejarah Desa Tahunan

0 15

Sejarah Desa Tahunan

Setiap desa atau daerah pasti memiliki sejarah dan latar belakang tersendiri yang merupakan pencerminan dari karakter dan pencirian khas tertentu dari suatu daerah. Sejarah desa atau daerah seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta. Dan tidak jarang dongeng tersebut dihubungkan dengan mitos tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat. Dalam hal ini Desa Tahunan juga memiliki cerita asal-usul dan hal tersebut merupakan identitas dari Desa Tahunan yang secara singkat kami tuangkan dalam uraian dibawah ini.

Desa Tahunan merupakan desa yang terletak belahan Utara Kabupaten Pacitan perbatasan dengan Kabupaten Ponorogo. Menurut cerita yang disajikan oleh beberapa sesepuh Desa Tahunan bahwa Desa Tahunan sudah ada sejak jaman belanda yang konon sistim pemerintahannya masih menganut sistim kerajaan. Hal itu dibuktikan bahwa Desa Tahunan dahulu dipimpin oleh seorang Demang yang bernama Demang TOSARI, yang bertempat di Dusun Nanggungan.

Nama TAHUNAN adalah sebuah nama yang di ambil dari seorang Tokoh Masyarakat yang sangat berpengaruh dan disegani masyarakat pada jaman itu, yang bernama MBAH TAHUN.

Terbawa lajunya waktu dan perkembangan, yang semula penduduk masih sedikit dan mengelompok, berangsur angsur mulai tertata baik dalam bidang pemerintahan dan pembangunan. Sehingga terbentuklah sebuah desa yang luas dan berpenduduk yang banyak. Hingga pada awal tahun 2007, atas kehendak masyarakat , Desa Tahunan dimekarkan menjadi dua Desa yakni Desa Tahunan dan Desa Tahunan Baru.

Source https://desatahunanpacitan.wordpress.com/ https://desatahunanpacitan.wordpress.com/2014/01/04/sejarah-desa-tahunan-tegalombo-pacitan-jawatimur/

Leave A Reply

Your email address will not be published.