Sejarah Desa Sapen, Sukoharjo

0 58

Sejarah Desa Sapen, Sukoharjo

Desa Sapen Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo terdiri dari 7 Dukuh yaitu: Dukuh Kebakan, Ngiri, Sapen, Mberajakan, Jati Sari, Demangan, Triyagan. Dukuh Sapen merupakan Dukuh yang pertama kali berdiri diantara dukuh yang lainnya. Oleh karena itu semua dukuh mengacu pada dukuh Sapen.

Cikal bakal nama Sapen berasal dari suatu perkampungan amat kecil dan warga desa itu mayoritas sebagai peternak dan petani. Desa itu berada dipertengahan hutan dan dipinggir perkampungan.

Alkisah, pada suatu hari ada seekor sapi yang besar dan galak yang berwarna loreng-loreng, sapi itu amatlah galak dan ganas. Sapi itu milik salah satu warga desa tersebut. Sejak awal itu banyak lahir sapi-sapi yang warnanya loreng-loreng dan pasti sapi itu keturunan galak dan berbadan besar, saat itulah setiap ada sapi yang lahir pasti akan memiliki sifat yang sama dan warga kampung itu semua resah dan merasa takut saat ada kelahiran sapi yang berwarna loreng.

Walaupun sapinya galak warga desa itu masih tetap merawat dan menjaganya walauun ada rasa takut. Sejak itulah ada seorang sesepuh kampung yang mempunyai gagasan yang baik yaitu berencana untuk memberi nama desa sesuai dengan keadaan kampung tersebut. Sesepuh kampung itu langsung mengajak para warga desa dan mengumpulkan para warga itu dirumahnya.

Selanjutnya sesepuh desa itu mengungkapkan pendapatnya di tengah warga tersebut dan para warga pun bertanya-tanya “ada apa? kenapa sesepuh kampung itu mengumpulkan kita semua disini?”. Dan sesepuh desa itu berbicara sesuai pendapatnya tersebut langsung warga merespon dan setuju dengan pendapat sesepuh itu dan disepakatilah kampung atau desa itu menjadi desa sapen yang artinya “sa” sapi dan “pen” artinya diopeni jadi maksudnya “sapi itu harus dijaga dan dirawat”.

Untuk sebagai rasa terima kasih kepada sesepuh desa itu, ada seorang pejabat dari kecamatan mojolaba yang berasal dari sapen membangun atau membuat patung sapi yang ada di desa Jati Sari dekat desa Sapen.

Source http://sejarahnamadesa.blogspot.com http://sejarahnamadesa.blogspot.com/2016/02/asal-usul-desa-sapen.html
Comments
Loading...