Sejarah Desa Sangge Boyolali

0 157

Sejarah Desa Sangge Boyolali

Desa Sangge terletak di Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Desa seluas 447,395 hektare ini ditinggali 3.733 penduduk yang tersebar di tiga dusun. Berdasarkan hasil sensus penduduk BPS Boyolali 2016, kepadatan penduduk Desa Sangge hanya 834 jiwa/km2.

Desa Sangge awalnya merupakan tempat  pesanggrahan yang pernah ditempati Raden Ayu Nyai Serang di masa kekuasaan Kasunan Surakarta Hadiningrat pada 1840. Pada saat itu, Raden Ayu Nyai Serang sedang memimpin pasukan melawan pemerintah kolonial Belanda.

Dalam perjalanannya, Raden Ayu Nyai Serang berhenti di suatu tempat bersama para pengikutnya. Raden Ayu Nyai Serang kemudian membuat pesanggrahan di tempat itu. Saat membuat pesanggarahan, salah satu pengikut setia Raden Ayu Nyai Serang yang bernama Kyai Pudak sakit-sakitan.

Untuk memberi tempat beristirahat bagi Kyai Pundak, pembuatan pesanggrahan dipercepat atau dalam Bahasa Jawa disebut age-age dengan cara diberi penyangga atau disangga. Tempat pesanggrahan itu lantas diberi nama Sangge yang berasal dari Bahasa Jawa, yakni Sangga dan Age-Age.

Setalah pesanggrahan selesai dibuat, Kyai Pudak meninggal dan dimakamkam di dekat pesanggarahan. Pesanggrahan itu kini menjadi permakaman umum Desa Sangge, sedangkan makam Kyai Pundah berada di sebelah utara SD Negeri 1 Sangge. Pada saat menggelar tradisi sadranan, tempat yang kali pertama dikunjungi warga desa setempat adalah Makam Eyang atau Kyai Pundak.

Terdapat sejumlah peninggalan Raden Ayu Nyai Serang yang masih tersisa di Desa Sangge, seperti batu tumpeng, batu lesung, bekas kaunderan, makam Sangge dan pengikut, jembangan, serta pasar mati atau pasar pon. Batu tumpeng berada di Sendang Sangge, batu lesung di utara Dukuh Sangge, sedangkan Bekas Kaunderan ada di timur Sendang Sangge. Sementara itu, Pasar Mati atau Pasar Pon awalnya berada di selatan lapangan Sangge dan telah berpindah ke Pasar Klego.

Source https://sangge.desa.id/ https://sangge.desa.id/profildesa-6-Sejarah.Desa.html
Comments
Loading...