Sejarah Desa Lembang, Bandung Barat

0 561

Sejarah Desa Lembang, Bandung Barat

Desa Lembang terbentuk sekitar tahun 1891 (awalnya merupakan bagian wilayah perkebunan kopi dan tembakau), yang terdiri dari beberapa kampung yang batas-batasnya ditetapkan oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Cikal bakal penduduk Desa Lembang adalah beberapa kelompok keluarga yang dulu tinggal di beberapa kampung dan para pendatang yang bekerja di perkebunan yang kemudian menjadi penduduk tetap.

Nama “Lembang” diambil dari kata “ngalembang” yang berarti genangan air. Hal tersebut dikarenakan pada setiap musim hujan, air selalu menggenang (tidak dapat mengalir). Namun dalam versi lain disebutkan bahwa kata “Lembang” berasal dari kata dalam bahasa Belanda yakni “landbouw” yang berarti pertanian. Hal tersebut merujuk pada kondisi Lembang yang merupakan daerah pertanian.

Seiring dengan perkembangan penduduk yang makin pesat, pada tahun 1980 Desa Lembang dimekarkan menjadi dua desa, yaitu Desa Lembang dan Desa Jayagiri. Pemekaran desa tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 1268/Pem.122/Pem/Kep/1980.

Secara historis, Lembang termasuk kota tua di Priangan. Statusnya pernah setara dengan Bandung, sebagai onderdistrik di bawah Distrik Ujungberung Kulon. Selain Lembang, distrik tersebut membawahi Bandung, Andir, dan Balubur. Dasarnya ialah keputusan Gubernur Jenderal Frederik s’Jakob tertanggal 16 Oktober 1882 Staatsblad Nomor 252. Pada 1926, Lembang bahkan diubah menjadi distrik, dengan onderdistrik Lembang, Cipaganti, dan Cisarua.

Dengan status tersebut, Alun-alun Lembang pernah menjadi tempat yang sangat penting. Apalagi, Lembang pun pernah menjadi perhatian dunia, seiring dengan pembangunan Observatorium Bosscha yang menjadi pusat ilmu pengetahuan astronomi dunia. Sejalan dengan perkembangan kawasan di Lembang, bangunan-bangunan bersejarah akhirnya terlahir. Beberapa di antaranya dikunjungi oleh para peminat sejarah ini.

Source http://lembang-bandungbarat.desa.id/ http://lembang-bandungbarat.desa.id/pages/sejarah
Comments
Loading...