Sejarah Desa Gambirmanis

0 49

Sejarah Desa Gambirmanis

Gambirmanis adalah nama sebuah desa. Desa ini adalah salah satu nama desa dari beberapa nama desa yang termasuk didalam wilayah kecamatan Pracimantoro. Yang mana Kecamatan Pracimantoro ini terdiri dari 18 desa. Desa Gambirmanis terletak disebelah timur, dari kecamatan Pracimantoro. Adapun jaraknya dari kecamatan Pracimantoro sekitar 19 km.

Didalam terciptanya nama suatu tempat, biasanya terdapat sejarah yang sangat menarik dan unik.Yang mana antara satu tempat dengan tempat yang lainnya berbeda. Dan biasanya nama tempat tersebut memiliki sebuah arti. Contohnya saja seperti terciptanya nama Surabaya, Banyu wangi, dan masih banyak lagi nama tempat yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Desa Gambirmanis terdiri dari 13 Dusun. Yaitu dusun Suruhan, Pendem, Pakel, Mahbang, Karang, Gambiranom, Nujo, Gondangmanis, Kerjo, Nongkosuwit, Galo, Bakalan, Tileng.

Tapi, pada kesempatan kali ini saya hanya akan fokus, menjelaskan tentang sejarah desa Gambirmanis. Yaitu sebuah nama desa yang terdiri dari dua kata, Gambir dan Manis.Gambir artinya sesuatu yang digunakan orang pada jaman dulu untuk menginang. Yang mana rasa gambir ini adalah pahit. Sedangkan kata manis dalam bahasa jawa artinya legi.

Kalau kita lihat arti dari kata gambirmanis secara makna perkata, memang terlihat membingungkan, bahkan sangat rancu. Tetapi dibalik terciptanya nama yang unik ini, yang mana belum tentu semua orang mengerti, sebenarnya mempunyai sejarah yang sangat panjang.

Dahulu sekitar tahun ±1935 M, yaitu sebelum Indonesia merdeka. Sebelumnya desa ini bernama Gondangmanis. Nama ini ditetapkan sebagai nama desa atau kelurahan, pada masa pimpinan bapak kepala desa yang pertama, yang bertempat tinggal di dusun Gondangmanis, yang bernama bapak Hartono.Kemudian sekitar tahun ±1963 M, terpilihlah Bapak Mangun Kartoyo, yang bertempat tinggal didusun Gambiranom, sebagai kepala desa yang ke- dua. Pada masa kepala desa inilah nama desa Gondangmanis di rubah menjadi Gambirmanis.Yang mana Kata Gambirmanis diambil dari akhir kata nama dusun Gondangmanis yaitu kata manis, yang mana ini adalah tempat asal kepala desa yang pertama. Dan digabung dengan awal kata nama dusun Gambiranom yaitu gambir, yang merupakan tempat tinggal dari kepala desa yang ke-dua. Maka jadilah nama Gambirmanis sebagai nama desa atau kelurahan.

Selanjutnya kepala desa yang ke- tiga adalah bapak Pawiro rejo, yang berasal dari dusun Suruhan.Kalau pada masa pimpinan kepala desa yang pertama dan ke-dua, kantor balai desa masih berpindah-pindah sesuai tempat tinggal kepala desa yang menjabat pada saat itu. Kemudian pada masa kepala desa yang ke- tiga inilah, di bangun kantor kepala desa yang terletak didusun Suruhan, tepatnya di jalan Suruhan no.7 Gambirmanis, 57664.Yang mana lokasinya masih tetap bertahan sampai sekarang.

Sedangkan kepala desa yang ke-empat adalah bapak Wagi budianto, yang juga berasal dari dusun Suruhan. Pada masa jabatan kepala desa yang pertama sampai yang ke-tiga, tidak ada yang namanya batasan waktu lama masa jabatan. Tetapi pada masa kepala desa bapak Wagi, sudah ada ketentuan batasan waktu jabatan yaitu selama 5 tahun dalam satu periode. Tetapi beliau menjabat hingga dua periode berturut-turut.

Kemudian pada tahun 2003, terpilihlah bapak Sukarhadi Suwito, menjadi kepala desa Gambirmanis yang ke- 5. Beliau menjabat selama 5 tahun, yaitu dari tahun 2003 sampai 2008. Beliau berasal dari dusun Nujo. Adapun kepala desa terpilih berikutnya adalah dari dusun Suruhan. Beliau adalah bapak Subardjo. Beliau menjabat dari tahun 2008 sampai tahun 2013. Dan Selanjutnya, bapak kepala desa yang sekarang menjabat bernama bapak Sunardi, beliau ditetapkan sebagai kepala desa Gambirmanis dimulai dari tahun 2013  hingga tahun 2018 nanti.

Source https://akhmadalikhasan.blogspot.com https://akhmadalikhasan.blogspot.com/2014/10/sejarah-desa-gambirmanis.html
Comments
Loading...