Sejarah Desa Baturetno, Wonogiri

0 72

Sejarah Desa Baturetno

Baturetno adalah kecamatan yang sebagian wilayahnya terendam oleh proyek pembangunan waduk PLTA tersebut. Akibatnya, sejumlah penduduk beberapa desa harus bertransmigrasi ke provinsi lain, seperti di Sumatera Barat (Sitiung).

Mata pencaharian mayoritas penduduk kecamatan ini adalah pedagangwiraswasta, dan petani sawah tadah hujan. Sebagaimana mayoritas penduduk Kabupaten Wonogiri yang terkenal sebagai perantau, warga Batuertno sebagian besar juga perantau.

Baturetno juga dikenal karena banyak memiliki perusahaan bus antar provinsi. Hal ini tentunya berkaitan dengan kebiasaan penduduk yang senang merantau dimana bus adalah alat transportasi yang paling ideal saat ini. Selain itu semua desa Baturetno ini juga memiliki sejarah.

Sejarah Desa Baturetno tidak terlepas dari sejarah desa yang awalnya bernama Desa Tretes Panggung yang pada tahun 1948 telah di bumi hanguskan oleh bangsa Belanda. Di tahun 1948 itu juga bangsa Belanda meninggalkan Desa Baturetno, dan dengan adanya bangsa Belanda masuk ke Desa Tretes Panggung untuk mengajak petani membuat perkebunan kopi yang akhirnya sampai sekarang merupakn penghasilan tetap warga desa yang di budidayakan sampai saat ini.

Karena adanya semangat perubahan dan diamati mulai dari ujung Timur ampai ujung Barat terdapat macam-macam bentuk batu, maka desa ini pada tahun 1955 di ubah namanya menjadi Desa Baturetno.

Source http://baturetno-dampit.sideka.id/ http://baturetno-dampit.sideka.id/2017/11/09/sejarah-desa-baturetno/
Comments
Loading...