Sejarah Daerah Pracimantoro

0 11

Sejarah Daerah Pracimantoro

Berbicara tentang Sejarah Pracimantoro, nama Pracimantoro itu sebenarnya sudah terbentuk semenjak zaman Pra Kemerdekaan Republik Indonesia. Dizaman kerajaan Mangkunegaran Pracimantoro merupakan bagian dari wilayahnya, dan   menyimpan sejarah yang mengawali terciptanya nama Pracimantoro yang berasal dari bahasa jawa kuno yaitu dari kata Pracimo dan Hantoro yang artinya batas wilayah paling selatan dari kerajaan Mangkunegaran. Nama Pracimantoro digunakan menjadi nama sebuah Desa sekaligus juga nama sebuah Kecamatan.

Keberadaan Pemerintahan Desa Pracimantoro sudah terbentuk sejak pendudukan penjajah Belanda di Indonesia. Ketika itu tampuk pimpinan tertinggi ditingkat desa dipimpin oleh seorang Demang yang dibantu oleh Carik, Jineman, Kamitua, Jogoboyo, Jogotirto, Modin, Bayan dan Anthek dengan masa jabatan yang tidak terbatas selama masih mampu melaksanakan pemerintahan atau dapat dikatakan seumur hidup. Dari masa terbentuknya Desa Pracimantoro sampai sekarang ini sudah mengalami beberapa kali pergantian Kepala Desa, dan berikut adalah daftar nama – nama Kepala Desa yang pernah menjabat di Desa Pracimantoro :         

          1.Bapak Demang Ponco Sandika periode tahun 1948-1952

          2.Bapak Demang Tarumartono periode tahun 1952-1960 

          3.Bapak Karyono periode tahun 1960-1986

          4.Bapak Wasidi periode tahun 1986-1987

          5.Bapak Sugiyo periode tahun 1987-1988 

          6.Bapak Darmono periode tahun 1988-1996

          7.Bapak Wahono periode tahun 1996-1998

          8.Bapak Joko Waluyo periode tahun 1998-sekarang

Begitu juga dengan nama Pracimantoro yang digunakan sebagai nama Kecamatan. Keberadaan Pemerintahan Kecamatan Pracimantoro sudah terbentuk sejak pendudukan penjajah Belanda. Kecamatan Pracimantoro merupakan Kecamatan yang paling luas wilayahnya dan berada di jalur antara Kabupaten Wonogiri dengan Yogyakarta melalui jalur selatan. Kecamatan Pracimantoro terletak kira – kira 38 Km sebelah timur laut dari Kota Wonogiri. Sedangkan letak kantor Kecamatan Pracimantoro berada didekat salah satu sekolah dasar swasta SDIT Nurul Huda. Tepatnya dengan alamat di Jalan Raya Pracimantoro No. Telp.(0273) 461641 Pracimantoro. Kode Pos.57664.

Source https://akhmadalikhasan.blogspot.com https://akhmadalikhasan.blogspot.com/2016/03/sejarah-asal-usul-pracimantoro.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.