Sejarah Berdirinya Dan Asal Usul Nama Ponorogo

0 231

Menurut Babad Ponorogo ( Purwowidjojo 1997 ), setelah Raden Kathong sampai di wilayah Wangker, lalu memilih tempat yang memenuhi syarat untuk pemukiman ( yaitu dusun Plampitan di kelurahan Sentono kecamatan Jenangan sekarang ). Raden Kathong, Selo Aji, dan Ki Ageng Mirah beserta pengikutnya berupaya mendirikan pemukiman. Sekitar 1482M konsulidasi wilayah mulai dilakukan. Pada akhir abad XV Bathoro Katong ( Raden Katong ) berhasil mendirikan kadipaten Ponorogo dan beliau menjadi Adipati yang pertama.

Tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1496 M kadipaten Ponorogo berdiri, tanggal inilah yang ditetapkan sebagi hari jadi kota Ponorogo. Penetapan tanggal ini merupakan kajian mendalam atas bukti peninggalan benda-benda purbakala di daerah Ponorogo dan sekitarnya, juga mengacu pada buku Hand Book of Oriental History, sehingga dapat ditemukan hari wisuda Bathoro Katong sebagai Adipati Kadipaten Ponorogo.

Sedangkan nama Ponorogo bermula dari kesepakatan musyawarah bersama Raden Bathoro Katong, Kyai Mirah, Selo Aji dan Joyodipo yang dikutib dari buku Babad Ponorogo karya Poerwowidjojo tahun 1997, telah disepakati bahwa  kota yang didirikan akan  dinamai Pramana Raga yang akhirnya lama kelamaan berubah menjadi Ponorogo.

Pramana yang artinya daya kekuatan, rahasia hidup, permono, wadi. Sedangkan Raga artinya badan, jasmani. Kedua kata tersebut dapat ditafsirkan bahwa dibalik badan, wadak manusia tersimpan suatu rahasia hidup ( wadi ) berupa olah batin yang mantap dan mapan berkaitan dengan pengendalian sifat-sifat amarah, aluamah, sutfiah, dan muthmainah. Manusia yang memiliki kemampuan olah batin akan mampu menempatkan diri dimanapun dan kapanpun berada.

Source http://ponorogo.go.id http://ponorogo.go.id/sejarah-ponorogo/
Comments
Loading...