Sejarah Asal Usul Tongklek

0 477

Sejarah Asal Usul Tongklek

Konon seni musik tradisional tongklek sudah ada sejak zaman wali songo. Mengenai asal daerah dan kapan tahun kemunculan tongklek belum ada keterangan yang valid dan pasti, masih menjadi pembahasan yang kontroversi. Jika kita memperhatikan sejarah wali songo dan melihat langsung di museum peninggalan wali songo, maka kita akan menjumpai berbagai alat musik bersejarah seperti gamelan, gong, gambang, bonang, dan lain sebainya.

Termasuk kentongan / patrol yang merupakan asal usul pengambilan nama tongklek. Tidak lain alat musik peninggalan para sunan / wali songo tersebut digunakan sebagai sarana dakwah menyebarkan syariat agama Islam kala itu. Barangkali alat tradisional bersejarah tersebut bisa menjadi bukti keberadaan seni tongklek sudah ada pada zaman wali songo.

Tidak ada sejarah pasti tentang awal kemunculan seni tongklek ini, hal itu tidak lain disebabkan minimnya kepedulian masyarakat terhadap seni ini saat itu, sehingga tidak ada sejarawan yang mencatat dalam buku sejarah. Yang ada hanya informasi dari mulut ke mulut yang diceritakan oleh orang tua kepada anak cucunya. Hal ini tentu sungguh sangat di sayangkan, mengingat tongklek merupakan salah satu seni dan juga tradisi yang wajib kita jaga kelestariannya.

Menurut informasi yang saya baca dari internet dan juga cerita yang saya peroleh dari kelompok pemain tongklek di Tuban, karena kebetulan tempat tinggal saya dekat dengan Tuban. Kebanyakan mereka menyatakan bahwa tongklek berasal dari pulau Jawa, tepatnya di daerah mana itu masih menjadi kontroversi sampai saat ini. Namun yang jelas, saat ini seni tongklek begitu populer di Kabupaten Tuban dan daerah sekitarnya. Sebagai bukti populernya tongklek di Tuban adalah adanya festival serta perlombaan yang diadakan pemerintah setempat setiap tahunnya.

Awal mulanya tradisi tongklek digunakan untuk membangunkan masyarakat di waktu sahur pada bulan Ramadhan. Kentongan dipukul sehingga berbunyi tong-klek sambil mengelilingi kampung. Kemudian masyarakat semakin inovatif menambahkan alat musik sederhana lainnya sehingga menghasilkan bunyi musik yang lebih kreatif.

Source Sejarah Asal Usul Tongklek Cumpleng
Comments
Loading...