Sejarah Asal-Usul Terbentuknya Kabupaten Majalengka Jawa Barat

0 254

Sejarah Asal-Usul Terbentuknya Kabupaten Majalengka Jawa Barat

Majalengka adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Barat, sebagai Kota Kabupaten sudah barang tentu  daerah ini mempunyai sejarah serta asal-usulnya sendiri. Hampir  setiap orang Majalengka Percaya bahwa Majalengka berasal dari bahasa Cirebon yaitu dari kata Majae dan Langka, kata [Maja-e] bermaksud [Buah Majanya] sedang kan kata [Langka] bermaksud [Hilang/Ora ana/Langka].

Munculnya Kata Majae Langka yang kemudian dipakai sebagai nama Kabupaten yang berbatasan dengan Cirebon dan Indramayu ini dikaitk-kaitkan dengan perseteruan Nyi Rambut Kasih selaku Ratu Sindangkasih Yang waktu itu masih memeluk Hindu-Budha Vs Cirebon Yang Islam. 

Dikisahkan katanya Orang Cirebon mencari buah Maja di Sindangkasih untuk dijadikan bahan obat-obatan (ada kemungkinan obat malaria) tapi si Ratu karena benci dengan orang Cirebon kemudian membabad habis pohon maja itu, sehingga ketika orang Cirebon sampai ke Sindangkasih mereka orang Cirebon itu berkata “MAJAE LANGKA=BUAH MAJANYA HILANG'”.

Belakangan setelah penguasa Sindangkasih selanjutnya memeluk Islam, diceritakan kata Majae Langka itu digunakan untuk menggantikan nama Sindangkasih, sebagai penghormatan kepada orang Cirebon yang telah meng Islamkan Sindangkasih. Sehingga setelah itu munculah Keadipatian Majalengka yang bercorak Islam menggantikan Sindangkasih Kerajaan yang bercorak Hindu Budha.

Source https://www.historyofcirebon.id/ https://www.historyofcirebon.id/2017/09/sejarah-asal-usul-terbentuknya.html
Comments
Loading...