Sedekah Bumi Menguras Sendang Temongko

0 205

Semerek merupakan salah satu Dusun yang berada di wilayah Desa Sendangagung Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Letaknya di kilometer 3 arah selatan dari Kecamatan Paciran atau selatan Obyek Wisata Bahari Lamongan (WBL). Dusun ini memang kecil karena hanya terdiri dari 1 Rukun Warga (RW) dan 3 Rukun Tetangga (RT). Di area tersebut terdapat beberapa tempat pemandian (sendang, jawa red) yang sampai saat ini sumber airnya terawat baik dan mengalir lancar.

Beberapa diantaranya seperti, pemandian umum khusus laki- laki atau warga setempat menyebutnya “ sumur planangan ”, pemandian umum  khusus perempuan atau di sebut “ sumur wedok “, ada juga sumur pengangson yang merupakan sumur peninggalan Sunan Sendang, kemudian sumur khusus untuk pemandian hewan, dan beberapa mata air yang ditampung dan dialirkan ke rumah- rumah warga.

Semuanya masih difungsikan dengan baik oleh masyarakat setempat untuk keperluan mereka sehari-hari seperti ; mandi, memandikan hewan,air minum tanpa mengurangi keasliannya. Suasana area Temongko yang masih asri dengan pepohonan besar merupakan salah satu faktor terpenuhinya pasokan sumber air di area tersebut.

Ada kejadian unik dan langka ditengah modernitas masyarakat Semerek yang masih mempertahankan budaya lokal seperti menguras pemandian secara gotong-royong. Mereka begitu enjoy berebut menangkap ikan saat air mulai surut. Beberapa jenis ikan seperti ; mujair, lele, gabus, selek, sepat, dan ikan wader tak pelak jadi korban rebutan.

Daya tarik lain yaitu membludaknya sedakah bumi dari warga berupa nasi tumpeng beserta lauk-pauk dan aneka bumbu untuk disantap bersama. Karena saking banyaknya, warga banyak yang membungkus untuk di bawa pulang.

Source http://sendangagung-lamongan.desa.id http://sendangagung-lamongan.desa.id/2017/02/11/sedekah-bumi-menguras-sendang-temongko/
Comments
Loading...