Tradisi Seba Nagri, Adat Istiadat Khas Dan Unik Masyarakat Purwakarta

0 56

Warga melakukan ritual Seba Nagri yang menjadi tradisi dan digelar dalam setiap tahunnya atau pascapanen raya. Kegiatan itu bertujuan untuk mengungkap rasa syukur kepada Tuhan atas hasil alam yang melimpah. Kegiatan Seba Nagri merupakan simbolisasi dari tanda rasa syukur. Apalagi ini dilakukan menjelang bulan Ramadan, di mana segenap kebaikan dilipatgandakan.

Mulai dari padi, sayur mayur, palawija, hingga umbi umbian. Tak terkecuali hewan ternak seperti ayam. Tak terkecuali nasi kuning dan ayam panggang serta beragam hidangan lain yang terbuat dari hasil alam. Bawaan hasil alam ini nantinya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Ini diberikan setelah masyarakat melakukan ritual.

Kegiatan Seba Nagri bisa diharapkan menjadi barometer produksi pertanian di masing-masing wilayah di Purwakarta. Sehingga ke depan dapat diidentifikasi potensi wilayah yang dapat menopang kebutuhan pangan di Purwakarta.

Source https://www.merdeka.com https://www.merdeka.com/peristiwa/seba-nagri-tradisi-unik-warga-purwakarta-bersyukur-atas-hasil-bumi.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.