Saung Ranggon Bekasi

0 93

Saung Ranggon

Saung Ranggon berada di Kampung Cikedokan, Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat. Bangunan  rumah adat tradisional itu dibuat di atas lahan seluas 500 meter persegi. Bangunan bersejarah tertua di Bekasi tersebut memiliki panjang 7,6 meter dan lebar 7,2 meter. Sedangkan tingginya mencapai 2 meter. Untuk memasukinya, pengunjung harus meniti anak tangga yang berjumlah 7 buah. Saung ranggon dibangun dengan prinsip ramah lingkungan.

Material pembuatnya terdiri atas papan kayu serta bambu. Setiap bagian bangunan tidak dikaitkan menggunakan paku melainkan memakai pasak bambu maupun tali yang terbuat dari ijuk atau sabut kelapa. Saung ini merupakan bangunan tradisonal khas Bekasi. Atap Saung Ranggon merupakan gabungan dua bidang miring yang dikenal dengan nama julang ngapak. Bagian dalamnya merupakan ruangan luas tanpa sekat pemisah. Di bagian bawah saung terdapat kolong menyerupai sumur yang digunakan sebagai tempat menyimpan benda pusaka.

Di Saung Ranggon pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan wujud bangunan tradisional. Di sini Anda juga disuguhi pertunjukan budaya yang diadakan setiap waktu tertentu. Setiap tahun, halaman saung dijadikan tempat untuk menyelenggarakan Hajat Budaya. Selain memperingati  Bulan Maulid, acara tersebut juga merupakan ajang cuci pusaka. Dalam kegiatan tersebut juga dipentaskan Tari Jaipong dan wayang kulit khas Bekasi. Untuk berkunjung ke situs bersejarah yang terletak berdekatan dengan Kawasasan Industri MM2100 itu, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkot jurusan Cikedokan Setu.

Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/bekasi/mengintip-budaya-tradisional-di-saung-ranggon/
Comments
Loading...