Sastra Jawa Modern

0 277

Sastra Jawa Modern

 

Sastra Jawa Modern merupakan perkembangan dari Sastra yang sebelum-sebelumnya.Sastra ini sudah paling akhir di sejarahnya ialah sudah modern.Kemunculan Sastra Jawa Modern bersamaan dengan munculnya penerbit dan surat khabar, yang mana sudah memiliki bahasa yang kebanyakan orang sudah mengenalnya.

Contoh dari Sastra ini ialah :

-Penerbit Balai Pustaka (1917),

-Surat Khabar Bromartani (1885),

-Surat Khabar Retnodumilah (1895),

-Surat Khabar Budi Utomo (1920) dan lain sebagainya.  Tokoh Sastra yang muncul pada masa ini adalah Ki Padmosus

Sastra yang di tulis oleh Imam Supardi dijuluki “Wong mardika kang kang marsudi kasusastran Jawa” (Suripan, 1975: 8). Ki Padmosusastra lebih banyak menulis prosa daripada puisi (tembang). Ki Padmosusastra juga menerbitkan karya-karya pujangga sebelumnya.Adapun contoh karya nya ialah :

-Rangsang Tuban,

-Layang Madubasa,

-Serat Pathibasa.

Pada periode ini banyak karya berupa kisah perjalanan, misalnya Cariyos Kekesahan Saking Tanah Jawi Dhateng Nagari Welandi tulisan RMA Suryasuparta. Terdapat juga karya terjemahan dari sastra dunia, seperti Dongeng Sewu Setunggal Dalu. Sastra Jawa Modern periode 1920 – 1945 sepenuhnya didukung oleh penerbit Balai Pustaka, Majalah Panjebar Semangat.

Selain itu tadi ada juga yang berbentuk novel .Novel pertama  diterbitkan tahun 1920 berjudul Serat Riyanto tulisan RM Sulardi. Sejak tahun 1935 crita sambung mulai berkembang, diawali oleh cerita bersambung karya Sri Susinah dengan judul “Sandhal Jinjit Ing Sekaten Sala” (PS No. 44 Tahun III, 2 Nov 1935).

Lalu ada juga karya Sambo yang berjudul “Netepi Kuwajiban” (PS No. 45 Tahun III, 9 Nov 1935). Geguritan muncul agak belakangan, yakni berjudul “Dayaning Sastra” karya R. Intoyo dalam majalah Kejawen No, 26 tanggal 1 April 1941.

Sejak saat itu Sastra Jawa Modern terus berkembang hingga saat ini dengan didukung oleh ratusan pengarang sebab di zaman sekarang ini juga di dukung adanya  teknologi yang modern.

Source Sastra Jawa Modern ilmuseni.com
Comments
Loading...