“Sasapian” Kesenian Asli Bandung Barat

0 51

Kesenian sasapian dianggap sebagai kesenian asli yang berasal dari Kabupaten Bandung Barat. Kesenian tersebut telah dimainkan sejak dekade 1930-an di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Sasapian sudah ada dari tahun 1932, tetapi mendapat sedikit modifikasi setelah kemerdekaan RI, dari Cihideung, sasapian menyebar ke beberapa desa yang lain di daerah Bandung utara.

Pertunjukan Sasapian

Pertunjukan kesenian sasapian diperagakan oleh sejumlah penari yang diiringi oleh musik tradisional Sunda, yang menggunakan instrumen seperti kendang, terompet, dan gong. Seorang penari masuk ke dalam sapi bohongan seperti pada kesenian barongsai, sedangkan beberapa penari yang lain menari seolah memburu sapi tersebut. Sebelum tarian dimulai, sapi bohongan yang terbuat dari bambu berbalut kain itu diberi sesaji oleh seorang pemimpin upacara. Ritual sasapian berlangsung cukup mistis, karena penari di balik sapi buatan bergerak-gerak seperti orang yang kerasukan roh halus.

Dahulu kepala sapinya pakai alat yang biasa untuk memandikan orang yang meninggal, dalam tariannya, sapi itu diburu dan disembelih. Maknanya sendiri sangat luas, karena bisa diinterpretasikan macam-macam, di antaranya ialah untuk membunuh sifat hewani atau sebagai bentuk pengorbanan, kesenian sasapian sangat memungkinkan untuk berkembang karena kesenian rakyat cepat mengadopsi hal yang baru, seperti penggunaan bedil-bedilan yang baru muncul setelah masa kemerdekaan, tarian sasapian ini bisa terus berkembang.

Sebagai ikon daerah,  keberadaan kesenian tradisional Sasapian yang tumbuh dan berkembang di Desa Cihideung dan daerah lainnya di Kecamatan Parongpong Kab. Bandung Barat, masih dilakukan serta banyak ditemui. Bahkan pelakunya bukan hanya kalangan orang tua ataupun pemuda saja, tetapi juga anak-anak Kegiatan yang digagas oleh komunitas masyarakat Cihideung dan dikemas dalam bentuk festival.
Source "Sasapian" Kesenian Asli Bandung Barat "Sasapian" Kesenian Asli Bandung Barat "Sasapian" Kesenian Asli Bandung Barat

Leave A Reply

Your email address will not be published.