Rurabasa Kata Salah Kaprah Dari Jawa

0 20

Rurabasa Kata Salah Kaprah Dari Jawa

Rurabasa adalah istilah dalam bahasa Jawa, Rura artinya rusak dan Jawa artinya Jawa. Sehingga arti dari Rurabasa adalah bahasa yang rusak. Rurabasa adalah kata kiasan dalam bahasa jawa yang penggunaannya salah kaprah atau tidak sesuai konteks yang semestinya. Rurabasa disebut bahasa yang rusak karena memang tidak bernalar, tetapi karena sifat bahasa terutama bahasa jawa yang fleksibel maka hal seperti ini sangatlah dimaklumi oleh masyarakat umum. Rurabasa dibagi menjadi 2 macam yaitu :

  1. Rurabasa yang paten, yaitu kata salah kaprah yang tidak bisa dirubah ataupun dibenarkan. Contoh :
  2. Adang sega, adang artinya memasak dan sega artinya nasi. Nasi itu sudah matang atau masak tapi mengapa masih dimasak lagi? Sehingga Adang beras yaitu memasak beras.
  3. Menek klapa, menek artinya memanjat dan klapa artinya kelapa. Seharusnya yang dipanjat adalah pohon kelapa bukan kelapanya. Sehingga Menek wit klapa artinya memanjat pohon kelapa.
  4. Nguleg sambel, nguleg artinya menumbuk dan sambel artinya sambal. Seharusnya yang ditumbuk adalah cabai bukan sambal. Sehingga Nguleg lombok artinya menumbuk cabai.
  5. Nggodhok wédang, nggodhok artinya merebus dan wédang artinya air matang. Seharusnya yang direbus bukan air matang tetapi air mentah. Sehingga Nggodhok banyu artinya merebus air.
  6. Ndhudhuk sumur, ndhudhuk artinya menggali dan sumur artinya sumur. Seharusnya menggali tanah bukan sumur. Sehingga Ndhudhuk lemah artinya menggali tanah.
  7. Nglinthing rokok, nglinthing artinya menggulung dan rokok artinya rokok. Seharusnya menggulung tembakau bukan rokoknya. Sehingga Nglinthing mbako artinya menggulung tembakau.
  8.  Rurabasa yang tidak paten, yaitu kata salah kaprah yang bisa dirubah dan dibenarkan.

Contoh :

  1. Acara, kata yang benar adalah Adicara. Sedangkan acara asalnya dari bahasa Indonesia.
  2. Ojo yang artinya adalah jangan, kata yang benar sesuai kaidah bahasa jawa adalah Aja. Huruf O merupakan bagian dari kaidah bahasa Indonesia sedangkan menurut kaidah bahasa Jawa yang benar menggunakan huruf A
Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Rurabasa-Kata-Salah-Kaprah-dari-Jawa/
Comments
Loading...