Rumah Sunda Berdasarkan Bentuk Atapnya

0 238

Rumah Sunda Berdasarkan Bentuk Atapnya

Sunda merupakan wilayah yang berada di Jawa Barat yang terkenal akan tradisi dan khasannya. Sunda juga memiliki jenis rumah yang tidak hanya satu saja, sedangkan untuk jenis atapnya yaitu sebagai berikut :

1.Perahu Kumureb

Bentuk Rumah Sunda ini terlihat seperti sebuah kapal pada atapnya, maka dari itulah disebut sebagai Perahu Kumureb. Jika dilihat sekilas, atapnya terlihat seperti sebuah perisai pada atap rumah. Ini merupakan salah satu jenis atap rumah yang ada di Jawa Barat.

2. Julang Ngapak

Bentuk atap Rumah Sunda Julang Ngapak lebih menyerupai sayap burung yang sedang membentang ketika burung tersebut terbang. Sehingga bila di lihat bentuknya tampak lebar.

3. Badak Heuay

Bentuk atap yang seperti hewan badak dengan mulut yang terbuka disebut dengan Rumah Sunda Bada Heuay. Sehingga rumah ini memiliki khas tersendiri yang mencirikan sebuah hewan badak.

4. Tagog anjing

Rumah Sunda Tagog Anjing adalah desain rumah yang atapnya terlihat seperti seekor anjing yang sedang duduk. Dengan desain seperti itu maka di beri nama Tagog Anjing, biasanya setiap nama selalu ada latar belakang yang ada di belakangnya.

5. Capit Gunting

Rumah Sunda Capit Gunting sangat identik dengan desain atapnya yang menyerupai sebuah capit pada gunting. Yang memiliki bentuk sama seperti capit. Bentuk ini juga merupakan bentuk atap rumah Sunda.

Source Rumah Sunda Berdasarkan Bentuk Atapnya lihat.co.id
Comments
Loading...