Rumah Adat Jawa Timur: Joglo Pangrawit

0 43

Rumah Adat Jawa Timur: Joglo Pangrawit

Indonesia merupakan negara dengan beragam budaya yang ada. Kekayaan budaya yang dimiliki menjadikan nilai yang sangat luhur dan mencirikan identitas bangsa itu sendiri. Salah satu ciri budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah rumah adat dengan nama khas di setiap daerahnya. Rumah adat Jawa Timur dikenal dengan nama Joglo.

Rumah adat Jawa Timur Joglo dikenal dengan bentuk limas dengan atap yang sangat megah. Sebutan Joglo adalah dimaksudkan untuk atapnya yang besar dengan mengambil stilasi model sebuah gunung. Joglo memiliki dasar filosofi yang tidak jauh beda dengan rumah adat Joglo di Jawa Tengah. Filosofinya berupa makna pengaruh Agama Islam, Hindu dan Budha yang menjadi satu dan mengakar pada bangunan tersebut.

Joglo pada tempo sebelumnya dibangun untuk menunjukkan strata atau status sosial tertentu dalam masyarakat. Mayoritas Rumah Joglo dimiliki oleh para bangsawan dengan salah satu tujuan untuk menerima tamu dengan jumlah yang besar. Namun setelah mengalami perkembangan zaman, Joglo diidentitaskan sebagai rumah adat yang boleh dimiliki semua orang.

Rumah adat Jawa Timur Joglo memiliki keunikan tersendiri yang membedakan dengan rumah adat lainnya. Salah satu keunikannya adalah bahan pembuatan rumah yang dominan terbuat dari kayu jati. Selain itu, beberapa keunikan yang lain dapat dilihat dari jenis-jenis Rumah Joglo yang digunakan. Berikut beberapa jenis Rumah Joglo yang banyak digunakan:

Joglo Pangrawit

Joglo Pangrawit memiliki ciri khas yang lebih detail dari Joglo Sinom. Halaman rumah lebih luas dengan jumlah pilar yang lebih banyak. Rumah Joglo Pangrawit memiliki atap yang menjulang dan mengerucut dengan setiap sudutnya yang memiliki pilar.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/rumah-adat-jawa-timur/#!
Comments
Loading...