Rumah Adat Badak Heuay Sunda

0 128

Rumah Adat Badak Heuay Sunda

Rumah adat Sunda memiliki gaya yang sama seperti rumah adat di Indonesia lainnya, yaitu berbentuk rumah panggung. Kolong yang terdapat pada rumah panggung fungsinya sebagai penanggulangan gempa bumi dan banjir. Sering dimanfaatkan sebagai tempat binatang-binatang peliharaan seperti kambing, sapi, ayam, atau untuk menyimpan alat-alat pertanian seperti cangkul, bajak, garu dan lain-lain.

Untuk naik ke rumah adat Sunda ini disediakan tangga yang disebut dengan Golodog yang terbuat dari bambu atau kayu, biasanya terdiri tidak lebih dari tiga anak tangga. Golodog juga berfungsi untuk membersihkan kaki sebelum naik ke dalam rumah.

Rumah adat Sunda mempunyai ciri khas dan nama yang berbeda-beda bergantung dari bentuk atap rumahnya. Contohnya dapat ditemukan di daerah Jawa Barat, seperti Kanekes dan Garut. Namun, pemakaian beberapa bahannya sudah berbeda dengan rumah adat masa lampau.

Atap rumah adat Sunda jenis Badak Heuay berbentuk seperti badak yang sedang membuka mulut. Tersiri dari 2 bagian atap, bagian kecil dan besar. Bagian besarnya terletak pada bagian belakang, sedang bagian kecil menudungi bagian depan rumah (tempat menerima tamu lelaki).

Source http://rumahadatistiadat.blogspot.com/ http://rumahadatistiadat.blogspot.com/2017/08/rumah-adat-sunda-gambar-nama-beserta.html
Comments
Loading...