Roti Buaya Menjadi Budaya Betawi

0 47

Roti Buaya Menjadi Budaya Betawi

Roti buaya Betawi hantaran penting dalam prosesi pernikahan suku betawi. Filosofi arti sebenarnya sebagai komponen wajib seorang pria ingin menjadikan wanita pujaannya sebagai pasangan hidup. Tentu roti buaya merupakan tradisi yang tidak akan lekang dengan waktu dan tidak akan terlupakan saat seserahan pada waktu akad nikah.
Roti buaya harus disandingkan dengan beberapa hantaran lain seperti kain, baju, serta antaran lainnya. Jika dilihat dari sejarahnya roti buaya sudah berlangsung berabad silam dan sudah ada pada zaman Kolonial Belanda saat berkedudukan di Batavia. Tentu tidak sembarangan suku Betawi memilih roti buaya dengan kepercayaan mereka terhadap buaya putih yang tidak akan sembarangan pula melihatkan wujudnya pada pertemuan kali yang bercabang pada waktu itu sebagai penunggu.
Sejarawan H.Irwan Sjafi’ie menjelaskan sepasang roti buaya yang menjadi hantaran pengantin pria pada saat akad nikah mempunyai panjang 60-70 cm tergantung dari kemampuan ekonomi calon mempelai pria. Tentu jika ukurannya makin panjang akan mempengaruhi harga yang akan dibayar oleh mempelai pria.
Persiapan sepasang roti buaya ini akan dibawa ke rumah mempelai wanita setelah dihias warna-warni dengan kertas minyak. Tentu hantaran ini bersamaan dengan uang mahar atau mas kawin, baju, selop, miniatur mesjid berupa uang belanja, alat make-up, dll.
Kreatifitas dapat dilihat dari adat suku Betawi ini seperti kain  yang dihias berbentuk binatang seperti angsa, bebek, kelinci, dan kucing. Waktu seserahan berlangsung dan sesuai dengan adat, calon mempelai pria harus membawa makanan yang sangat disukai oleh pengantin wanita waktu kecil disebut dengan kekudung. Tentu kekudung ini bisa berbentuk pete, jengkol, ikan asin ataupun ikan teri.
Walaupun waktu sudah berubah dengan terjadinya asimilasi budaya dengan adanya percampuran suku tentu budaya ini masih terpelihara dengan baik. Apabila wanita atau pria betawi menikah dengan pria atau wanita dari suku lain tetap roti buaya Betawi menjadi hantaran wajib yang harus dibawa sebagai hantaran.
Source https://plesirankotatua.blogspot.com/ https://plesirankotatua.blogspot.com/2016/09/filiosofi-arti-roti-buaya-betawi.html
Comments
Loading...