Ronteg Singo Ulung, Barongsai Ala Kota Tape

0 232

Nama Singo Ulung diambil dari tradisi bersih desa dari Desa Blimbing, Kecamatan Kelabang, Bondowoso. Kesenian Singo Ulung adalah perpaduan dari seni tari topeng dan ojung yang biasanya sebagai tradisi untuk meminta datangnya turun hujan. Koloborasi kesenian tersebut dikemas dalam bentuk tari pertunjukan.

Kilas Pandang Pertunjukkan Ronteg Singo Ulung

Munculnya tokoh kharismatik yang memiliki kesaktian ditampilkan penari topeng yang diiringi tokoh adat, permaisuri, dan pasukan berupa tiga ekor singa. Tokoh tersebut perwujudan seorang demang yang mengaktualisasikan wangsit yang diterimanya agar desa tetap mempertahankan kesejahteraan rakyat desa. Di saat inilah, tampil tarian ojung atrau dua murid satu perguruan yang beradu fisik dengan saling pukul dengan rotan. Klimaks penampilan kesenian rakyat ini sendiri terjadi ketika tiga Singo Ulung unjuk kebolehannya dengan berbagai atraksi.

Unsur Tarian

Dalam kesenian Singo Ulung terdapat tokoh yang di perankan seperti,

  1. Singo Ulung yang menggambarkan wujud Kiai Singo Wulu yang menjadi Harimau putih
  2. Panji yang menggambarkan Jasiman yang merupakan penguasa wilayah
  3. Dua orang berkelahi menggunakan rotan menggambarkan pertarungan Jasiman dengan Kiai SIngo
  4. Penari perempuan menggambarkan istri Kiai SIngo
  5. Kiai menggambarkan kiai singo

Sejarah

Konon asal usul terciptanya singo ulung tak lepas dari kisah tokoh masyarakat desa Blimbing yang terkenal akan kesaktiannya yaitu Juk Seng dan Jasiman, kedua tokoh ini sangat berjasa sehingga masyarakat mengenangnya dengan membuat kesenian Ronteg Singo Ulung.

Untuk dapat menyaksikan pertunjukkan kesenian singo ulung di Bondowoso, datanglah saat Festival Muharram di alun-alun Bondowoso atau datanglah ke Padepokan Seni Gema Buana di Prajekan atau datanglah dalam ritual bersih desa datanglah ke Desa Blimbing Kecamatan Tapen pada pertengahan bulan Sya’ban.

Source Ronteg Singo Ulung, Barongsai Ala Kota Tape Ronteg Singo Ulung, Barongsai Ala Kota Tape Ronteg Singo Ulung, Barongsai Ala Kota Tape
Comments
Loading...