Ritual Puja Agung di Candi Songgoriti Kota Batu

0 64

Ritual Puja Agung di Candi Songgoriti Kota Batu

Bertujuan untuk ‘nguri-uri’ (melestarikan) kebudayaan Singhasari, sebuah prosesi kebudayaan dengan tajuk “Ritual Puja Agung” digelar oleh para juru kunci, komunitas dan pemangku adat seluruh Malang Raya di Candi Songgoriti. Pimpinan komunitas Ajisaka, Raden Prasena Tjakradiningrat mengatakan Ritual Puja Agung di Candi Songgoriti merupakan rangkaian keenam. Ritual serupa sudah digelar sebelumnya di beberapa candi yang ada di tlathah Singhasari, yaitu Sumberawan, Candi Singasari dan Balaikota.

Menurut Raden Prasena di dalam sambutannya ‪”Dengan ini saya menyampaikan bahwa dengan Ritual Puja Agung malam ini bisa menjadi sebuah tonggak kebangkitan Singhasari dan seluruh Nuswantara”.

Prosesi utama acara kebudayaan dibagi menjadi dua tahap yaitu Sidikoro Pusoko yang merupakan upacara yang dikenal sejak zaman Singhasari. ‪Kemudian prosesi kedua adalah Ruwat Sukerto yaitu ritual pensucian pusaka keris ditujukan untuk menyelaraskan ajian pusaka agar kembali selaras dengan alam.

‪Raden Prasena juga memperkenalkan dua pusaka yang dibuat Mpu Kimangir yang merupakan salah satu keturunan Mpu Supo. Pusaka pertama yaitu Singha Mulang Joyo yang bermakna mengingat kejayaan Singhasari di masa lalu dan kejayaan itu bisa diulang kembali di seluruh nusantara di masa mendatang.

‪Pusaka kedua yaitu, Pusaka Kujang Keris (Jangker) yang menjadi simbol perdamaian antara Sunda dan Jawa serta seluruh nusantara‪Sementara itu, Hariyoto sebagai juru kunci Candi Songgoriti mengatakan bahwa ruwatan budaya ini juga sekaligus mengingatkan masyarakat pada sosok Mpu Supo, Mpu Gandring dan Mpu Sendok.

Source Ritual Puja Agung di Candi Songgoriti Kota Batu Malangtoday.net
Comments
Loading...