Ritual Potong Rambut Gimbal

0 215

Ritual Potong Rambut Gimbal

Kalian pasti penasaran tentang adanya rambut gimbal. Sebenarnya fenomena anak berambut gimbal dapat dijumpai tidak hanya di Dataran Tinggi Dieng (2010 mdpl), tapi juga di di Kawasan lereng Gunung Merbabu dan Sindoro (Wonosobo). Rambut gimbal merupakan fenomena alam yang muncul secara misterius di kawasan tersebut.

Masyarakat di kawasan lereng Sindoro dan Merbabu mempercayai bahwa anak-anak yang berambut gimbal merupakan karunia/anugerah dari para dewa, bukan musibah atau kutukan, sehingga mereka merasa bersyukur jika salah satu anak atau anggota keluarga mereka mempunyai rambut gimbal. Hal ini tidak dipandang sebagai aib keluarga. Bahkan, orangtua dari anak gimbal ini yakin bahwa anak tersebut bukan murni anaknya sendiri, melainkan titipan dari dewa, sehingga orang tua akan memberikan perhatian khusus. Apapun permintaan anak ini akan dituruti, sehingga dalam banyak hal, anak gimbal tampak lebih manja dari anak lain yang tidak gimbal.

Dalam kehidupan sehari-hari anak-anak rambut gimbal tidaklah berbeda dengan anak normal lainnya. Dari sisi lain anak-anak mereka juga suka bermain dan bersenda gurau bersama teman-temannya. Layaknya anak anak lainnya mereka juga tidak di perlakukan khusus, mereka sama dengan anak normal. Uniknya anak-anak lain memanggil anak gimbal ini bukan dengan namanya, melainkan dengan sebutan “mbel”, pemendekan dari gembel.

Satu hal yang membedakan adalah kekuatan fisik mereka yang melebihi anak-anak pada umumnya (yang tidak gimbal). Perilaku yang agresif yang cenderung nakal dan manja, serta ketahanan dari berbagai serangan penyakit yang sering menyerang anak-anak gimbal seperti flu, pilek, adalah keunggulan anak-anak ini.  Tetapi bukan berarti anak-anak gimbal ini tanpa hambatan, karena biasanya pada setiap malam jum’at mereka akan rewel.

Source Ritual Potong Rambut Gimbal tentang rambut gimbal di dieng
Comments
Loading...