Ritual Ojung, Tradisi Minta Hujan Jember

0 238

Ritual Ojung, Tradisi Minta Hujan Jember

Adu pukul menggunakan bilah rotan atau yang lebih dikenal Ojung, digelar warga Jember. Warga Dusun Krajan 2, Desa/Kecamatan Jombang menggelar ritual untuk meminta hujan. Tradisi ini merupakan tradisi nenek moyang yang diteruskan turun temurun.

Tradisi Ojung ini, selain untuk melestarikan budaya, juga ritual warga untuk meminta hujan. Tak heran jika acara ini dilakukan pada bulan-bulan saat kemarau panjang. Ojung merupakan salah satu tradisi di mana para tetua dahulu ketika kemarau panjang dan tanaman mengering meminta kepada ‘yang punya hidup’ agar diturunkan hujan.

Dalam Ojung ini, dua pria saling berhadapan dan masing-masing membawa sebilah rotan. Mereka lalu diberi kesempatan saling sabet sebanyak lima kali. Bergantian masing-masing sekali. Sasarannya daerah punggung. Memukulnya dari depan. Yang dipukul boleh menangkis dengan rotan yang dipegang. Begitu terus bergantian sampai 5 kali.

Hingga salah satu dinyatakan dengan kekalahan yaitu banyak luka akibat sabetan rotan. Dalam gelaran Ojung kali ini, peserta yang datang cukup banyak. Bukan hanya dari Jember, tapi juga dari Jawa Timur. Event ini juga dijadikan sarana silaturahmi antar pendekar. Jadi pesertanya bukan dari Jember saja, tapi dari berbagai tempat di Jawa Timur.

Salah satu pendekar Ojung, Saman, mengaku ada hal yang bersifat mistis dari gelaran Ojung ini. Jika waktu kemarau panjang digelar acara ini, hujan bisa dipastikan turun. Setiap kali acara usai digelar, beberapa hari kemudian pasti turun hujan.

Source https://news.detik.com/ https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3671899/lestarikan-tradisi-minta-hujan-warga-jember-gelar-ritual-ojung
Comments
Loading...