Ritual Ngarak Posong

0 70

Ritual Ngarak Posong

Jawa Barat menjadi satu provinsi di Indonesia yang memiliki sangat banyak seni budaya di setiap daerahnya. Beberapa tradisi yang cukup terkenal dari Jawa Barat salah satunya dalah kesenian angklung. Salah satu tradisi yang unik tersebut bernama Ngarak posong asal Cianjur. Ngarak posong merupakan tradisi yang dilakukan para pembudidaya belut di kabupaten Cianjur

Selain unik dan menarik, Ngarak Posong rupanya juga memiliki filosofi yang mendalam bagi mayarakat Cianjur. Dimana, selain dimaksudkan sebagai rasa sukur atas hasil panen budidaya belut masyarakat kampung serta penggambaran proses budidaya, Ngarak Posong juga menggambarkan sebuah proses manusia menuju jalan yang lurus.

Ngarak Posong ini sendiri pertama kali dilakukan oleh masyarakat warga Kampung Balengbang. Belut memang bisa dibilang salah satu komuditas khas yang banyak dibudidayakan di Cianjur khususnya di Cibeber. Sementara itu, Posong sendiri merupakan alat tradisional yang kerap digunakan mayarakat untuk menangkap belut. Ngarak posong yang mulai diadakan masyarakat pada tahun 2009 ini bertujuan untuk menarik para wisatawan dengan diiringi berbagai tarian dan musik khas sunda, dan unsur magi masih kental dalam tradisi ini.

Penggagas tradisi ini sendiri adalah E Supardi yang juga merupakan Ketua Sanggar Hibar, Kampung Balengbang, Desa Sukarahaja, Cibeber. Dirinya mengatakan jika awal mula tercetusnya ide Ngarak Posong ini adalah sebuah tanda terimakasih terhadap Tuhan yang Maha Esa. Masyarakat juga berperan untuk menjaga dan melestarikan budaya ini dengan rutin melatih masyarakat yang diikuti oleh semua kalangan dan kerap tampil diberbagai acara di Cianjur atau luar kota.

Kegigihan untuk mempertahankan dan melestarikan nya pun diapreiasi pemerintah daerah dengan diundangnya Ngarak posong diberbagai acara resmi di Kabupaten Cianjur. Walaupun era globalisasi sudah menyebar, namun tidak ada salahnya untuk melestarikan budaya lokal identitas daerah itu sendiri.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Ngarak-Posong/
Comments
Loading...